Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Program Magister Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember sinkronisasi dengan kebijakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Umam, Khotibul (2019) Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Program Magister Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember sinkronisasi dengan kebijakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Project Report. LP2M IAIN Jember, Jember. (Unpublished)

[img] Text
Proposal Penelitian; Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam....pdf

Download (371kB)
[img] Text
Laporan Penelitian; Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam....pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum sebagai modal yang menjadi acuan dalam pengembangan Perguruan Tinggi. Kemampuan Perguruan Tinggi (PT) untuk mengenali dan memanfaatkan serta mengembangkan modal sosial menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tinggi. Terbitnya Perpres No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional dan UU Perguruan Tinggi No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, pada Pasal 29 ayat (1), (2), dan (3) telah berdampak pada kurikulum dan pengelolaannya di setiap program. Kurikulum yang pada awalnya mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 73 tahun 2013 tentang Penenrapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi, mengharuskan Perguruan Tinggi, Sekolah Tinggi, Institut maupun Universitas selambat-lambatnya tahun 2016/2017 menerapkan Kurikulum mengacu KKNI. Jika masih ada Pendidikan Tinggi yang belum melaksanakan amanah sebagaimana yang tertuang dalam KKNI dan SNPT bisa tidak memperoleh pengakuan alumninya. Program studi pendidikan agama Islam di pascasarjana program magister IAIN Jember merupakan salah satu program studi yang memiliki banyak peminat. Adanya banyak peminat tersebut menjadikan program studi PAI memberikan perhatian khusus pada aspek pengembangan kurikulum yang memperhatikan kebutuhan dan ketercapaian lulusan yang berada pada program studi PAI. Fokus yang menjadi topik penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana model pengembangan kurikulum pada program studi Pendidikan Agama Islam program magister singkroniasasi Kebijakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)? dan (2) Bagaimana pengembangan komponen kurikulum pada program studi Pendidikan Agama Islam program magister singkroniasasi Kebijakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)?. Penelitian ini memberikan kontribusi pada lembaga pendidikan tinggi khususnya berupa model pengembangan kurikulum beserta komponen-komponen kurikulum pada program studi pendidikan agama Islam di program magister (pascasarjana) yang merupakan bagian dari perkembangan sistem pendidikan di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif naturalistik. Lokasinya di Program Studi PAI program magister pascasarjana IAIN Jember. Subjek terdiri dari kasus yang dipilih secara purposive. Prosedur penelitian ditempuh dengan empat langkah dengan metode penggalian data: observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model induktif sedangkan tingkat kepercayaan hasil-hasil penelitian ditempuh dengan cara terpenuhinya kriteria kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konformabilitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pengembangan kurikulum; Pendidikan Agama Islam; Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:57
Last Modified: 08 Jan 2020 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item