Pembelajaran Metode Drill Dalam Menghafal Al-Quran di Pesantren Nur Cahaya Penataban Giri Banyuwangi.

AINATUL MUNIROH, - (2020) Pembelajaran Metode Drill Dalam Menghafal Al-Quran di Pesantren Nur Cahaya Penataban Giri Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AINATUL MUNIROH_T20161276.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ainatul Muniroh, 2020: Pembelajaran Metode Drill Dalam Menghafal Al-Quran di Pesantren Nur Cahaya Penataban Giri Banyuwangi. Al-Quran bukan sekedar bacaan, melainkan cahaya petunjuk, obat penyakit, nasihat dan peringatan, janji dan ancaman, petunjuk dan pedoman hidup bagi umat manusia. Maka dalam Proses menghafal al-quran tidaklah sebentar memerlukan waktu yang relatif lama, yaitu mencapai antara tiga sampai lima tahun. Tentunya membutuhkan kesabaran yang supertinggi. Karena dalam menghafal membutuhkan suatu metode serta usaha dari pribadi serta dorongan orang tua, serta doa guru maka, kegunaan metode ini sangat diperlukan untuk memudahkan untuk usaha santri dalam menghafal al-quran. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian ini adalah : 1. Bagaimana pertimbangan pemilihan metode drill dalam menghafal al-quran di pesantren Nur Cahaya Penataban Giri Banyuwangi ? 2. Bagaimana langkahlangkah pelaksanaan metode drill dalam menghafal al-quran di pesantren Nur Cahaya Penataban Giri Banyuwangi ? 3. Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat metode drill dalam menghafal al-quran di pesantren Nur Cahaya Penataban Giri Banyuwangi ? Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Mendeskripsikan pertimbangan pemilihan metode drill dalam menghafal al-quran di pesantren Nur Cahaya Penataban Giri Banyuwangi 2. Mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan metode drill dalam menghafal al-quran di pesantren Nur Cahaya Penataban Giri Banyuwangi 3. Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat metode drill dalam menghafal al-quran di pesantren Nur Cahaya Penataban Giri Banyuwangi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode driil dalam menghafal alquran di pesantren nur cahaya Penataban Giri Banyuwangi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pemilihan subyek penelitian ini menggunakan Jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model natural setting sumber data primer. Langkah-langkahnya meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas yaitu: triangulasi sumber, tekhnik dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah : 1. Proses menghafal al-quran yang dilaksanakan oleh santri sebelum proses menghafal al-quran dalam memahami beberapa metode dan ilmu tajwid serta makhorijul huruf. 2. Beberapa langkahlangkah yang harus dilakukan dalam menghafal al-quran salah satunya adalah sering seaman dan murojaah setiap hari 3. Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat yaitu dari berbagai aspek mulai dari lingkungan, diri sendiri dan alokasi waktu yang digunakan untuk setoran hafalan al-quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:57
Last Modified: 06 Apr 2022 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5300

Actions (login required)

View Item View Item