“Pelaksanaan Daya Ingat Siswa-siswi Dalam Program Unggulan Tahfizhul Qur’an Di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019.”

SIFA FAUZIYYAH, - (2020) “Pelaksanaan Daya Ingat Siswa-siswi Dalam Program Unggulan Tahfizhul Qur’an Di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019.”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
SIFA FAUZIYYAH_084 131 292.pdf

Download (25MB)

Abstract

Sifa Fauziyyah, 2019 : “Pelaksanaan Daya Ingat Siswa-siswi Dalam Program Unggulan Tahfizhul Qur’an Di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019.” MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi adalah salah satu lembaga pendidikan yang terdapat program Tahfizhul Qur’an. Program ini bertujuan agar siswa – siswi dapat mempelajari al – Qur’an dan menghafalnya. Dalam suatu proses pembelajaran, khususnya dalam menghafal hal terpenting adalah daya ingat, begitu pula dalam program unggulan Tahfizhul Qur’an di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi. Pelaksanaan daya ingat dalam program unggulan Tahfizhul Qur’an menggunakan beberapa metode yang akan membantu siswa – siswi dalam proses menghafal, sehingga menghafal dapat dengan lebih mudah dan tertanam dalam ingatan. Fokus penelitian adalah: (1), Bagaimana Pelaksanaan Daya Ingat SiswaSiswi Dalam Program Unggulan Tahfizhul Qur’an di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun pelajaran 2018/2019? (2), Apa saja Faktor Penghambat Dalam Program Unggulan Tahfizhul Qur’an di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi. Penentuan informan menggunakan: teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display, dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun temuan dari penelitian ini yaitu: (1), Pelaksanaan daya ingat siswa-siswi dalam program unggulan tahfizhul Qur’an dilaksanakan terstruktur dimulai dengan persiapan dalam menghafal Al-Qur’an, pelaksanaan yang didalamnya berkaitan dengan metode yang digunakan, dan terakhir evaluasi. (2), Faktor penghambat dalam program unggulan Tahfizhul Qur’an di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi adalah Aspek kesehatan, Aspek psikologis, Aspek Kecerdasan dan Aspek Motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:54
Last Modified: 06 Apr 2022 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5303

Actions (login required)

View Item View Item