Siti Rohma, - (2021) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Instrumen Skala Sikap Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Siti Rohma_T20171167.pdf Download (4MB) |
Abstract
Siti Rohma, 2020: Strategi Guru Dalam Mengembangkan Instrumen Skala Sikap Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember Tahun 2020/2021 Strategi Pembelajaran merupakan cara pandang dan pola pikir guru dalam mengajar. Dalam mengembangkan strategi pembelajaran paling tidak guru harus mempertimbangkan beberapa hal antara lain adalah bagaimana mengaktifkan siswa, bagaimana siswa membangun peta konsep, bagaimana mengumpulkan informasi dengan stimulus petanyaan evektif, bagaimana menjalin informasi dari media cetak. Fokus penelitian ini dimaksudkan menjawab permasalahan atau fokus penelitian: 1) Bagaimana strategi yang digunakan dalam mengembangkan instrumen evaluasi skala sikap pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember Tahun 2020/2021? 2) Apa saja kendala dan sisi pendukung guru dalam mengembangkan instrumen evaluasi skala sikap pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember Tahun 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam mengembangkan instrumen evaluasi skala sikap pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember Tahun 2020/2021. 2) mendeskripsikan kendala dan sisi pendukung guru dalam mengembangkan instrumen evaluasi skala sikap pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember Tahun 2020/2021 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan interaktif model Miles and Huberman Reduksi Data, Penyajian Data dan Verifikasi Penarikan Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) Bagaimana strategi yang digunakan dalam mengembangkan instrument evaluasi skala sikap pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember Tahun 2020/2021. Strategi pembelajaran merupakan cara pandang dan pola piker guru dalam mengajar. Dalam mengembangkan strategi pembelajaran paling tidak guru harus mempertimbangkan beberapa hal antara lain adalah bagaimana mengaktifkan siswa, bagaimana siswa membangun peta konsep, bagaimana mengumpulkan informasi dengan stimulus pertanyaan evektif, bagaimana menjalin informasi dari media cetak. 2) Apa saja kendala dan sisi pendukung guru dalam mengembangkan instrument evaluasi skala sikap pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember Tahun 2020/2021 persiapan guru yang kurang matang karena banyak tugas-tugas yang dibebankan kepada guru, memakan waktu yang relative lama dalam mengembangkan atau menjabarkan indikator yang lebih rinci dalam menyusun pernyataan-penyataan pada skala sikap, tidak ada kebijakan khusus yang dikeluarkan oleh pihak sekolah mengenai evaluasi hasil belajar siswa. Sedangkan sisi pendukung guru akidah akhlak dalam mengembangkan instrument evaluasi skala sikap adalah profesionalisme guru akidah akhlak yang Nampak pada semangat, kesadaran, serta tanggung jawab guru dalam mengembangkan instrument evaluasi skala sikap pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Bustanul Ulum Bulugading, Iklim Sosial yang harmonis, pendelegasian guru oleh pihak sekolah untuk mengikuti pelatihan, sarana dan prasarana yang berupa ruangan yang memadai, perpustakaan, lab, computer yang dilengkapi dengan internet
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 06:58 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 06:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5304 |
Actions (login required)
View Item |