IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI IPA 3 MAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Hasanah, Kunimilatul (2021) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI IPA 3 MAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
KUNIMILATUL HASANAH_T20168026.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Kunimilatul Hasanah, 2021: Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI IPA 3 MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Miskonsepsi,Sistem Peredaran Darah, hasil belajar, four-tier diagnostic test.

Dalam proses pembelajaran biologi siswa cenderung mengalami kesulitan dalam memahami bagaimana organ-organ di dalam tubuh berkerjasama dalam proses peredaran darah yang saling berhubungan satu sama lain. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan siswa dalam menggambarkan, menganalisa materi sistem peredaran darah yang melibatkan oksigen, fungsi dari paru-paru, pembuluh darah dan sirkulasinya, dan cenderung dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi adalah struktur kognitif yang dapat berubah, mempengaruhi pengalaman - pengalaman siswa terhadap pemahaman suatu konsep dan harus segera di atasi. Apabila miskonsepsi tidak segera di tangani maka akan terintegrasi dalam struktur kognitif siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat miskonsepsi pada materi sistem peredaran darah siswa kelas XI IPA 3 MAN 1 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat miskonsepsi pada materi sistem peredaran darah siswa kelas XI IPA 3 MAN 1 Jember.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan subyek dilakukan dengan dua pertimbangan, yakni pertama pertimbangan gender dan yang kedua pertimbangan homogenitas, terpilih kelas XI MIPA 3 sebagai subyek.Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa soal pilihan ganda four-tier diagnostic test. Teknik analisis data menggunakan kategori tingkat pemahaman siswa yang terdiri dari 16 kemungkinan jawaban.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan penelitian identifikasi miskonsepsi pada siswa kelas IX IPA 3 MAN 1 Jember pada materi sistem peredaran darah, rata-rata miskonsepsi yang dialami siswa tergolong dalam kategori sedang yaitu sebesar 49% dan miskonsepsi tertinggi terjadi pada sub bab pembekuan darah, penggolongan darah dan transfusi darah sebesar 64% dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms. Kunimilatul Hasanah
Date Deposited: 08 Apr 2022 05:51
Last Modified: 08 Apr 2022 05:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5314

Actions (login required)

View Item View Item