Pengaruh Penerapan Budaya Religius Terhadap Kualitas Keagamaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun 2020/2021.

SITI HIMAYATUL MUTAASSIFIH, - (2021) Pengaruh Penerapan Budaya Religius Terhadap Kualitas Keagamaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
SITI HIMAYATUL MUTAASSIFIH_T20174007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Siti Himayatul Mutaassifih, 2021, Pengaruh Penerapan Budaya Religius Terhadap Kualitas Keagamaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun 2020/2021. Kata Kunci: Penerapan Budaya Religius, Kaulitas Keagamaan Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebijakan Madrasah yang tidak hanya mengedepankan aspek intelektualitas siswa saja, tetapi juga menerapkan aspek keagamaan. Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso dikenal sangat kental dengan keagamaan dan lebih mengedepankan spiritualitas untuk mencetak siswa yang bermoral tinggi. Penelitian ini fokus pada maksud dan tujuan 1) Bagaimana penerapan budaya Religius di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun 2020/2021, 2) Bagaimana kualitas keagamaan siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun 2020/2021, 3) Bagaiamana pengaruh budaya Religius terhadap kualitas keagamaan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun 2020/2021. Pendekatan pada penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso sebanyak 44 siswa. teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya: Observasi, kuisioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rumus regresi linear sederhana. Data yang terkumpul setelah proses analisis, diperoleh data sebagai berikut: 1) Penerapan budaya Religius di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso dikategorikan sangat baik, karena guru benar-benar mengupayakan pelaksanaan kegiatan keagamaan secara rutin, 2) Kualitas keagamaan siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso dikategorikan Sangat Baik, mengingat siswa lebih banyak yang sadar tanpa adanya unsur paksaan untuk melaksanakan ibadah, baik mahdhoh maupun ghairu mahdhoh. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan budaya Religius terhadap kualitas keagamaan siswa Madarasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso tahun 2020/2021. Tingkat signifikannya dapat dilihat dari perbandingan nilai signifikansi dan perbandingan T hitung dengan T tabel. Pertama, dengan perbandingan nilai signifikansi sebesar 0,000 < probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh penerapan budaya Religius terhadap kualitas keagamaan siswa Madarasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso tahun 2020/2021. Kedua, dengan membandingkan T hitung dengan T tabel diperoleh T hitung sebesar 3,953 > 1,68, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh pengaruh yang signifikan antara penerapan budaya Religius terhadap kualitas keagamaan siswa Madarasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso tahun 2020/2021

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 06 Apr 2022 08:06
Last Modified: 06 Apr 2022 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5316

Actions (login required)

View Item View Item