“Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) di SMP Islam Terpadu Bina Insan Cemerlang Wonosari Bondowoso”

Shafira Berliana, Putri (2021) “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) di SMP Islam Terpadu Bina Insan Cemerlang Wonosari Bondowoso”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Shafira Berliana Putri_T20171037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Shafira Berliana Putri, 2021 : “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) di SMP Islam Terpadu Bina Insan Cemerlang Wonosari Bondowoso” Kata kunci: Pendidikan karakter, Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) Pendidikan karakter adalah upaya penanaman kecerdasan dalam berfikir, penghayatan dalam bentuk sikap, pengalaman dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan Tuhannya, diri sendiri, masyarakat dan lingkungannya. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimanakah implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) di SMP Islam Terpadu Bina Insan Cemerlang Wonosari Bondowoso? Kedua, apa sajakah faktor penghambat dan pendukung implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) di SMP Islam Terpadu Bina Insan Cemerlang Wonosari Bondowoso? Tujuan dari penelitian ini, yaitu: Pertama, untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) di SMP Islam Terpadu Bina Insan Cemerlang Wonosari Bondowoso. Kedua, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan Mabit Wonosari (Malam Bina Iman dan Taqwa) di SMP Islam Terpadu Bina Insan Cemerlang Wonosari Bondowoso. Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber dan triangulasi data teknik. Tahap penelitiannya, yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: SMP Islam Terpadu Bina Insan Cemerlang Bondowoso telah mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT), kegiatan MABIT disekolah ini sudah berjalan dengan lancar serta tetap rutin dilaksanakan selama dua atau tiga bulan sekali, sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat oleh pihak sekolah. Namun, ada beberapa faktor pendukung dan penghambat kegiatan tersebut. Diantaranya faktor pendukungnya yaitu semangat para peserta dan panitia mengikuti kegiatan Mabit, sehingga bisa berjalan dengan lancar. Adapun faktor penghambatnya yaitu, kurang tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung, sampai saat ini belum ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut, oleh karena itu sekolah masih terus melakukan pembangunan serta perbaikan gedung sekolah agar nantinya kegiatan Mabit bisa lebih maksimal dan peserta ataupun panitia menjadi lebih semangat mengikuti kegiatan Mabit. Dalam kegiatan MABIT ada beberapa metode yang digunakan yakni metode imitation, amtsal dan observasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:27
Last Modified: 07 Apr 2022 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5325

Actions (login required)

View Item View Item