Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Digital Pada Materi Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Untuk Siswa SMP/MTs.

WIDATUL KHOVIVAH, - (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Digital Pada Materi Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Untuk Siswa SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
WIDATUL KHOVIVAH_T201710021.pdf

Download (27MB)

Abstract

Widatul Khovivah, 2021 : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Digital Pada Materi Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Untuk Siswa SMP/MTs. Kata Kunci: Media pembelajaran, booklet digital, materi sel hewan dan sel tumbuhan Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada pembaca dalam kegiatan pembelajaran. Penyediaan media pembelajaran mendapat dukungan dari perkembangan teknologi yang mendorong upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil perkembangan teknologi itu sendiri yang diimplementasikan ke dalam proses pembelajaran. Namun, seringkali hal tersebut kurang dimanfaatkan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SMP 17 Agustus Semboro diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan selama ini berupa charta. Adapun pada media charta dinilai siswa terlalu membosankan dan siswa lebih tertarik terhadap media yang berbasis digital hal tersebut dibuktikan dengan angket analisis kebutuhan bahwa sebagian besar siswa tertarik dengan media berbasis digital. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan siswa di sekolah. 2) Mendeskripsikan hasil validasi pengembangan media pembelajaran berbasis booklet digital pada materi sel hewan dan sel tumbuhan untuk siswa SMP/MTs. 3) Mendeskripsikan hasil respons siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis booklet digital pada materi sel hewan dan sel tumbuhan untuk siswa SMP/MTs. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), namun tahap Evaluation tidak di lakukan karena tidak melihat uji efektivitas media terhadap siswa. Subjek penelitian ini adalah validator dan responden. Adapun validator terdiri dari 3 bagian yaitu validator materi, validator media dan validator pengguna yaitu guru. Sedangkan responden terdiri dari responden skala kecil dan skala besar. Setelah itu data yang diperoleh akan dianalisis dengan persentase dan deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu persentase dari analisis kebutuhan siswa bahwa sebagian besar siswa menyatakan IPA sulit dan tidak menarik dengan persentase sebesar 68%. Selain itu sebagian besar siswa menyatakan materi sel hewan dan sel tumbuhan sulit dengan persentase sebesar 73%. Adapun perolehan persentase siswa yang tertarik pada media pembelajaran berbasis digital sebesar 83%. Pada tahap validasi diperoleh rata-rata persentase sebesar 94% sehingga media yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid/sangat layak. Sedangkan rata-rata persentase hasil uji respons siswa skala besar dan uji respons siswa skala kecil yaitu sebesar 91% sehingga media ini tergolong kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:27
Last Modified: 07 Apr 2022 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5326

Actions (login required)

View Item View Item