Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku Saleh Ritual Saleh Sosial Karya KH. A. Mustofa Bisri Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam di Era Modern

Elisa Mar’atul, Kholifah Syamsi (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku Saleh Ritual Saleh Sosial Karya KH. A. Mustofa Bisri Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam di Era Modern. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Elisa Mar’atul Kholifah Syamsi_T20171004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Elisa Mar’atul Kholifah Syamsi, 2021: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku Saleh Ritual Saleh Sosial Karya KH. A. Mustofa Bisri Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam di Era Modern. Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Pendidikan Islam Era Modern Kemerosotan akhlak sering kali kita rasakan saat ini di sejumlah daerah di Indonesia baik secara perorangan maupun kelompok sudah sangat mengkhawatirkan. Faktanya dapat kita lihat dari semakin meningkatnya berbagai kasus kemerosotan akhlak, misalnya, kekerasan di kalangan peserta didik, kejahatan terhadap teman, kebiasaan menyontek, pencurian, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, pemerkosaan, dan membuat kerusakan di tengah-tengah masyarakat. Kita sebagai salah satu elemen dalam pembangunan bangsa turut andil sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, apalagi dalam proses pembangunan pendidikan Islam dewasa ini, seakan terlepas dari akarnya. Dengan kata lain, arus budaya yang sudah tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam telah merasuk terhadap generasi ke generasi. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku “Saleh Ritual Saleh Sosial” karya KH. A. Mustofa Bisri ?, 2) Apa relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku “Saleh Ritual Saleh Sosial” karya KH. A. Mustofa Bisri dengan pendidikan Islam di era modern?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku “Saleh Ritual Saleh Sosial” karya KH. A. Mustofa Bisri, 2) Untuk menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku “Saleh Ritual Saleh Sosial” karya KH. A. Mustofa Bisri dengan pendidikan Islam di era modern. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya (library research) kepustakaan. Pendekatannya dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sebab sumber data maupun hasil penelitian dalam penelitian dalam penelitian kepustakaan berupa deskripsi kata-kata. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1.Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Saleh Ritual Saleh Sosial karya KH.A. Mustofa Bisri adalah : a. Akhlak kepada Allah Swt : Bertaubat dan Bersyukur. b. Akhlak kepada diri sendiri : Muhasabah Diri dan Istiqamah. c. Akhlak kepada sesama : Silaturahmi dan Toleransi. 2. Relevansinya terhadap pendidikan Islam di era modern ini dilihat dari fenomena kenakalan/penyimpangan yang dilakukan peserta didik mengantarkan pendidikan Islam pada tantangan membenahi akhlak. Agar peserta didik tidak hanya mampu menguasai kemajuan dunia informasi/modernisasi, tetapi mereka juga mampu hidup dengan mengedepankan nilai-nilai akhlak terpuji serta eksis di zamannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:28
Last Modified: 07 Apr 2022 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5327

Actions (login required)

View Item View Item