Upaya guru menumbuhkan HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember

Wijaya, Arin Levi (2022) Upaya guru menumbuhkan HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS ARIN LEVI WIJAYA_0849419001.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Arin Levi Wijaya, 2022 . Upaya Guru Menumbuhkan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Pembimbing I : Dr. H. Moh. Sahlan, M.Ag, Pembimbing II : Dr. H. Mundir, M.Pd.

Kata Kunci : Upaya Guru, Higher Order Thinking Skills, Pembelajaran Tematik

Higher Order Thinking Skills merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berkaitan dengan kemampuan berpikir secara kritis, berpikir kreatif dan penyelesaian masalah (problem solving). Pembelajaran yang kaku membuat peserta didik kesulitan dalam memahami persoalan dalam pembelajaran. Sehingga pemahaman dan hasil belajar peserta didik kurang maksimal, sedangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin modern dan menuntut peserta didik untuk berpikir secara kritis dan kreatif. Maka di Madrasah ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember menerapkan pembelajaran berbasis HOTS yang dapat melatih perserta didik untuk berpikir secara kritis, kreatif serta problem solving.
Fukus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran tematik? (2) Bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik? (3) Bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan problem solving dalam pembelajaran tematik?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan upaya guru menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran tematik (2) Mendeskripsikan upaya guru menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik (3) Mendeskripsikan upaya guru menumbuhkan keterampilan Problem Solving dalam pembelajaran tematik kelas V di MIMA Condro Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data interaktif Miles and Huberman. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.
Higher Order Thinking Skills sesuai dengan teori yang diperoleh dari FJ King, Ludwika Goodson, Faranak Rohani , Clifton Chadwick, Ridwan Abdullah Sani, Pipit Pudji Astutik, Susan M. Brookhart. Hasil penelitian yaitu (1) RPP berbasis HOTS, Menggunakan metode diskusi, tutor teman sejawat serta soal untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis. (2) RPP berbasis HOTS dalam pembelajaran tematik tema 2 udara bersih bagi kesehatan sub tema 1 cara tubuh mengolah udara bersih, menggunakan metode project based larning, diskusi dan kegiatan pembelajaran mind mapping.( 3) RPP berbasis HOTS dalam pembelajaran tematik tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 organ gerak hewan, menggunakan metode discovery/penemuan, dan soal yang membantu mengembangkan keterampilan problem solving.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190101 Art Criticism
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190199 Art Theory and Criticism not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arin Levi Wijaya
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:01
Last Modified: 07 Apr 2022 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5331

Actions (login required)

View Item View Item