Budaya Tahfidzul Qur’an Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.

Pradhevi Ayu Meilawati, - (2021) Budaya Tahfidzul Qur’an Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Pradhevi Ayu Meilawati_T20171225.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pradhevi Ayu Meilawati, 2021: Budaya Tahfidzul Qur’an Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Kata Kunci: Budaya, Tahfidzul Qur’an. Budaya adalah sekumpulan nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan, perilaku. Budaya Tahfidzul Qur’an yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu Budaya menghafal Al-Qur’an yang mana dalam menghafalnya menggunakan metode dalam menghafal dan murojaah Al-Qur’an atau kalam Allah dengan meresapkannya ke dalam pikiran. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pelaksanaan Tahfidzul Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? (2) Bagaimana Metode menghafal Tahfidzul Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi.† Jenis penelitian ini dipilih karena dinilai sesuai dengan fokus kajian ini dan penulis berharap dapat memotret tentang Budaya Tahfidzul Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember dengan baik. Penelitian kualitatif sendiri adalah pengumpulan data pada suatu latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dimana peneliti adalah sebagai instrimen kunci, pengambilaan sample sumber data dilakukan secara purpose dan snowball, teknik pengumplan data dengan tringulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu Triangulasi teknik dan Triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) Pelaksanaan Tahfidzul Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember ini dilaksanakan sesuai jadwal KBM setiap minggunya, untuk setoran pada Ustadz-Ustadzah pembina Tahfidzul Qur’an, mengingat pembelajaran secara online tetap waktu yang ditentukan sesuai jadwal KBM. (2) Metode Mengahafal Tahfidzul Qur’an di Madrasah Aliyah 1 Jember dilaksanakan dengan tiga metode yaitu: a) membaca bin-nadhar terhadap bacaan yang akan di hafalkan atau disetorlan dihadapan ustadz sebanyak satu kali dengan tujuan untuk perbaikan bacaan atau tahsin. b) menyetorkan hafalan secara bil- ghaib kepada ustadz atau talaqqi. c) takrir atau pengulangan hafalan. Pengulangan atau takrir ini dilakukan dua kali, yaitu pada saat talaqqi dan setelah talaqqi dengan dilakukan secara individu sebanyak dua sampai tiga kali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 07 Apr 2022 08:35
Last Modified: 07 Apr 2022 08:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5337

Actions (login required)

View Item View Item