Al Qodri, Hafidz (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING DIMASA PANDEMI COVID 19 DAN UPAYA GURU MENGATASINYA DI KELAS XII IPA SMA MINQOTHROTUL ULUM GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Hafidz ALQodri _T20158043.Pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hafidz Al-Qodri, 2021: Problematika Pembelajaran Biologi Secara Daring Dimasa Pandemi Covid 19 dan Cara Guru Mengatasinya di SMA Minqothrotul Ulum Gumukmas Kabupaten Jember.
Keyword: Problematika Pembelajaran Biologi, Daring, dan Cara Guru
Pendidikan merupakan proses pengembangan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia. Dalam pendidikan guru memiliki peranan yang sangat penting yang terlibat langsung dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Guru dianggap berhasil apabila pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Salah satunya pada pembelajaran Biologi yang memiliki tujuan agar peserta didik memiliki pengetahuan yang benar terhadap konsep-konsep materi Biologi Akan tetapi akhir-akhi ini semenjak adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar pada pendidikan di Indonesia. Untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan agar pembelajaran di adakan secara daring. Terkait hal ini SMA Minqothrotul Ulum Gumukmas menerapakan kegiatan pembelajaran secara daring dengan menggunakan aplikasi pembelajaran daring.
Penelitian ini difokuskan pada 1) Bagaimana problematika yang dihadapi guru dan siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring di kelas XII IPA SMA Minqothrotul Ulum Gumukmas Jember ? 2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran biologi secara daring di kelas XII IPA SMA Minqothrotul Ulum Gumukmas Jember ?. Tujuan penelitiaan adalah: 1) mendiskripsikan problematika yang dihadapi guru pada saat pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring di SMA Minqothrotul Ulum Gumukmas Jember. 2) mendikripsikan upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran biologi secara daring di SMA Minqothrotul Ulum Gumukmas Jember.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian in adalah meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber data dan tringulasi metode.
Hasil penelitian ini peneliti mendiskripsikan bahwa proses pembelajaran daring di kelas XII IPA SMA Minqothrotul Ulum tahun pelajaran 2020/2021 terdapat. 1).Problematika pembelajaran dalam pelaksanaan kelas daring selama masa pandemi covid-19 adalah masalah berkaitan dengan kompetensi guru, kedua, masalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, ketiga, permasalahan siswa yang tidak memiliki android, keempat keterbatasan jaringan internet, 2).upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran biologi secara daring adalah pertama, meningkatkan kompetensi guru menggunakan pembelajaran berbasis teknologi, kedua memberi bimbingan atau pendampingan anak secara kelompok atau individual, ketiga memberikan dan mengumpulkan tugas disekolah bagi yang tidak memiliki android, keempat memberikan fasilitas wifi di sekolah untuk siswa yang terkendala jaringan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060299 Ecology not elsewhere classified 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060808 Invertebrate Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mr Hafidz Al Qodri |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 02:40 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 02:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5338 |
Actions (login required)
View Item |