Mochammad Ricky, Rifa'i (2022) Pengembangan E-book Mobile Learning Berbasis Flip PDF Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Terintegrasi Keislaman Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
MOCHAMMAD RICKY RIFA'I_T201810072.pdf Download (12MB) |
Abstract
Materi IPA yang sangat abstrak dan kompleks bagi siswa SMP/MTs adalah sistem peredaran darah manusia. Berdasarkan hasil analisis masalah dan kebutuhan siswa di SMP Negeri 1 Tempeh Kabupaten Lumajang, ditemukan bahwa siswa merasa kesulitan pada materi sistem peredaran darah manusia. Hal tersebut dikarenakan materinya yang bersifat abstrak dan kompleks, serta terdapat mekanisme proses peredaran darah yang membuat siswa merasa kebingungan dalam memahami materi tersebut. Sumber belajar yang digunakan hanya buku paket, tidak ada sumber belajar lain yang mendukung. Di samping itu, siswa menginginkan media e-book dengan materi dikaitkan keislaman. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan hasil validitas e-book mobile learning berbasis Flip PDF Professional pada materi sistem peredaran darah manusia terintegrasi keislaman untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. 2) Untuk mendeskripsikan hasil respons siswa terhadap e-book mobile learning berbasis Flip PDF Professional pada materi sistem peredaran darah manusia terintegrasi keislaman untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D oleh Thiagarajan yang mencakup empat tahapan, yakni define, design, development, dan dissemination. Namun dalam penelitian ini, hanya berfokus sampai pada tahap development. Untuk tahap dissemination tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya dari peneliti. Subjek dari penelitian dan pengembangan ini terdiri dari validator ahli dan uji coba siswa. Validator ahli mencakup ahli materi, ahli media, ahli ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, serta guru IPA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen validasi ahli dan angket respons siswa berupa skala likert. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini mendapatkan persentase dari ahli di antaranya: 1) ahli materi sebesar 94%, ahli media sebesar 95%, ahli ilmu AlQur’an dan Tafsir sebesar 95%, serta pengguna sebesar 96%, sehingga diperoleh persentase rata-rata dari semua ahli sebesar 95%. Artinya sangat valid digunakan dalam pembelajaran. 2) Hasil uji coba skala kecil pada 6 siswa diperoleh persentase sebesar 91% dan uji coba skala besar pada 30 siswa diperoleh persentase sebesar 94%, sehingga diperoleh persentase rata-rata pada uji coba siswa sebesar 93%. Artinya dari segi keterbacaan dan kemenarikan e-book mobile learning sangat menarik dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: E-book Mobile Learning, Flip PDF Professional, Integrasi Islam, Sistem Peredaran Darah Manusia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Mochammad Ricky Rifa'i |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 08:42 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 08:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5350 |
Actions (login required)
View Item |