STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR

Mislikhah, St STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR. Al-Ittihad : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volome 02 November 2015 ISSN: 2407-2095.

[img] Text
Siti Mislikhah_STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR.pdf

Download (541kB)

Abstract

Pembelajaran membaca di sekolah dasar dinilai sangat penting. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa pembelajaran membaca tidak hanya berperan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak, tetapi lebih dari itu, yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari mata pelajaran yang lainnya. Namun kenyataanya pembelajaran membaca yang dilaksanakan di sekolah dasar masih belum memuaskan dan belum sesuai dengan harapan. Hal tersebut, disebabkan pembelajaran membaca di sekolah dasar masih belum menitikberatkan pada pembentukan kebiasaan membaca pada siswa. Selain itu, pembelajaran membaca masih dianggap membosankan dan monoton. Kondisi ini ditengarai oleh belum maksimalnya pelaksanaan pembelajaran membaca di sekolah. Sebagian guru masih menerapkan prosedur pembelajaran membaca yang kurang tepat. Di sisi lain, pengembangan kemampuan metakognisi siswa melalui penguasaan berbagai macam strategi membaca masih diabaikan oleh guru. Kondisi tersebut dapat berdampak pada kemampuan membaca siswa yang dinilai masih cukup rendah. Melalui tulisan ini ditawarkan beberapa alternatif strategi pembelajaran membaca yang ISSN: 2407-2095 Strategi Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar 56 diharapkan mampu meningkatkan pemebelajaran membaca di sekolah dasar. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Membaca, dan Sekolah Dasar

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 08 Apr 2022 05:38
Last Modified: 08 Apr 2022 05:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5354

Actions (login required)

View Item View Item