Nabilah Nurhikmah, Agustin (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengurangi Canda Sarkasme di Kalangan Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember). Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Nabilah Nurhikmah Agustin_T20161271.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nabilah Nurhikmah Agustin, 2021: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengurangi Canda Sarkasme di Kalangan Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember) Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Canda Sarkasme Keberadaan sekolah selain sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mendidik peserta didik, juga dimungkinkan menjadi salah satu tempat munculnya perilaku menyimpang, termasuk canda sarkasme di kalangan siswa. Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember berusaha menyelaraskan ilmu umum dan agama. Selain akademik yang diunggulkan karena sering memperoleh berbagai macam kejuaraan, diharapkan peserta didik juga memiliki karakter yang mulia sesuai dengan ajaran Islam. Tetapi di sisi lain, di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember juga terdapat kasus canda sarkasme yang di lakukan antar peserta didik.. Oleh karena itu, Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember melakukan upaya mengurangi canda sarkasme yang terjadi di kalangan siswa melalui guru Pendidikan Agama Islam. Hal ini relasinya dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengurangi Canda Sarkasme di Kalangan Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember).” Memiliki fokus (1) Bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam mengurangi canda sarkasme di kalangan siswa. (2) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam mengurangi canda sarkasme di kalangan siswa. (3) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam mengurangi canda sarkasme di kalangan siswa. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui (1) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam mengurangi canda sarkasme di kalangan siswa. (2) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam mengurangi canda sarkasme di kalangan siswa. (3) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam mengurangi canda sarkasme di kalangan siswa. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian Study Kasus dan menggunakan teknik purposive. Penulisan ini menggunakan descriptive research (penulisan deskriptif). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi: Kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Penulisan ini memperoleh kesimpulan (1) Guru memberikan kegiatan keagamaan yang lebih banyak dan fasilitas mushollah yang nyaman dan memadai (2) Guru mendoktrin siswa dengan memberikan motivasi-motivasi seperti contoh ketika hidup sosial harus memperhatikan tingkah laku dan apapun yang diucapkan harus di pertanggung jawabkan (3) Guru memberikan evaluasi dengan memberi nasihat terlebih dahulu sebagai tindakan pertama, menyerahkan siswa ke BK sebagai tindakan kedua bila tindakan pertama tidak mumpuni, dan memberi nilai tingkah laku yang dicantumkan dalam nilai spritual dan sosial di dalam raport.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 02:14 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 02:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5408 |
Actions (login required)
View Item |