Penerapan Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pembelajaran IPS di MTs. Darul Falah Bulupayung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020

Abd. Hafid, - (2021) Penerapan Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pembelajaran IPS di MTs. Darul Falah Bulupayung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

[img] Text
Abd. Hafid_T20159020.pdf

Download (7MB)

Abstract

Abd. Hafid, 2020: Penerapan Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pembelajaran IPS di MTs. Darul Falah Bulupayung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020 Merosotnya moralitas generasi muda sering kali menjadi perbincangan ditengah-tengah masyarakat. Kenakalan remaja, buruknya perilaku dan etika siswa dalam belajar ataupun kegiatannya sehari-hari menjadi bahan perbincangan yang tak kunjung selesai. Oleh karenanya, hal tersebut patut menjadi bahan evaluasi bagi pendidikan untuk kembali menjalankan peranya sebagai program yang bukan hanya mencerdaskan manusia dalam berfikir namun, pendidikan juga harus mampu mencetak manusia yang berkarakter, berakhlaq, dan berbudi luhur. Studi ini bertujuan untuk menjawab: Bagaimana Penerapan Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pembelajaran IPS di MTs. Darul Falah Bulupayung Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019/2020 Kajian tersebut dibahas dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh melalui teknik pengumpulan data, kemudian data dianalisis melalui proses tahapan pengelolaan data berupa: reduksi data, data display, conclusion drawing/verifikasi. Data yang terkumpul bersifat deskriptif dengan teknik analisis datanya menggunakan teknik komponensial. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: Penerapan Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pembelajaran IPS di MTs. Darul Falah Bulupayung Kabupaten Banyuwangi dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan: dengan menyusun RPP sebagaimana perencanaan dalam pembelajaran dan mengintegrasikan materi IPS dengan nilai karakter perspektif KH. Hasyim Asy’ari. Pelaksanaan: dengan mengintegrasikan materi IPS dengan pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim Asy’ari sebagaimana pengintegrasian materi interaksi dalam mata pelajaran IPS dengan pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim asy’ari seperti karakter tawadhu’, wara’I, qona’ah, toleransi, dan tanggung jawab. Implementasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan muatan pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim Asy’ari di MTs. Darul Falah Bulupayung terbilang bagus, karena menimbulkan dampak yang positif bagi karakter siswa. Evaluasi: dengan cara mengidentifikasi dan menilai perubahan karakter dan kebiasaan siswa sebelum dan sesudah ditenerapan Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pembelajaran IPS di MTs. Darul Falah Bulupayung Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 11 Apr 2022 08:04
Last Modified: 11 Apr 2022 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5411

Actions (login required)

View Item View Item