Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2019/2020.

Muhammad Irfan, Fauzi (2020) Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Muhammad Irfan Fauzi_T20153037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Irfan Fauzi, 2020: Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Manajemen bimbingan dan konseling merupakan sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dulakukan sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Hal ini merupakan proses bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh pembimbing kepada individu melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar individu memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya serta mampu memecahkan masalahnya sendiri. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Negeri 1 Jember tahun ajaran 2019/2020? 2). Bagaimana pencegahan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Negeri 1 Jember tahun ajaran 2019/2020? 3). Bagaimana evaluasi bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Negeri 1 Jember tahun ajaran 2019/2020? Untuk mengidentifikasi fokus penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Analisis datanya yaitu analisis data sebelum di lapangan dan analisis data di lapangan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu pertama perencanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Negeri 1 Jember ini dengan cara menetapkan sebuah tujuan kerangka atau rancangan dan rencana bagi pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling, m erencanakan sebuah program bulanan, mingguan dan harian. Kedua pencegahan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Negeri 1 Jember ini dengan cara melibatkan orang tua atau wali murid untuk membantu siswa dalam perkembangan atau terbentuknya jati diri atau kepribadiannya dalam kehidupan sehari-hari, m engadakan bimbingan secara klasikal didalam kelas, m emberikan nasehat dan wawasan-wawasan yang bertujuan untuk mendidik anak-anak agar memiliki kepribadian yang lebih baik, m engadakan penyuluhan atau seminar, menyarankan kepada semua siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif. Ketiga evaluasinya menggunakan dua cara yaitu evaluasi proses dengan cara melihat apakah siswa-siswi tersebut sudah mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku atau tidak dan evaluasi hasil dengan cara melihat hasil perubahan pada setiap siswa terutama pada siswa yang telah melanggar peraturan-peraturan sekolah. Kemudian untuk menentuka hasil evaluasi tersebut, para tenaga pendidik mengadakan rapat bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 11 Apr 2022 08:04
Last Modified: 11 Apr 2022 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5412

Actions (login required)

View Item View Item