Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match di Kelas IV dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mojosari Kecamatan Puger Tahun Pelajaran 2019/2020

Masrulloh, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match di Kelas IV dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mojosari Kecamatan Puger Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Masrulloh_T20164066.pdf

Download (13MB)

Abstract

Masrulloh, 2021: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match di Kelas IV dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mojosari Kecamatan Puger Tahun Pelajaran 2019/2020 Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match, Hasil Belajar Siswa Pembelajaran tematik yang dilaksanakan di sekolah tingkat dasar khususnya di Madrasah Ibtidaiyah sebagaimana hasil observasi peneliti masih adanya beberapa kendala dan permasalahan yang terkait dengan penggunaan metode dan strategi pembelajaran. Salah satu permasalahan tersebut adalah masih adanya pembelajaran metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan yang dilakukan oleh beberapa guru, khususnya di Ulum Mojosari Kecamatan Puger. Akan tetapi ada salah satu guru baru di kelas IV yang mengajar di , mempunyai inisiatif sendiri untuk mengubah pembelajaran yang cenderung membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dengan cara memanfatkan sebuah metode kooperatif tipe make a match. Fokus penelitian skripsi ini meliputi: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di Pelajaran 2019/2020, (2) Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di 2019/2020?, (3) Apa saja kendala pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di Mojosari Kecamatan Puger Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus, subjek penelitian yang dipilih dengan cara purposive adapun teknik penggumpulan datanya menggunakan tiga teknik yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. sedangkan analisis datanya menggunakan Deskriptif Kualitatif dengan model interaktif Miles and Hubermen yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru memilih metode yang digunakan pada saat kegiatan belajar mengajar, guru menjelaskan media yang digunakan p ada kegiatan belajar mengajar dan guru menjelaskan materi. 2) evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil , yaitu: pada evaluasi awal guru kelas IV memberikan pre tes kepada siswa dan menayakan materi yang akan di laksanakan, pada evaluasi proses guru menilai ketika siwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan pada evaluasi akhir guru memberikan tes tulis kepada siswa.. 3) kendala pembelajaran kooperatif tipe

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:57
Last Modified: 12 Apr 2022 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5423

Actions (login required)

View Item View Item