Nasiruddin, - (2021) Implementasi Model pengajaran advokasi Pada Mata Pelajaran IPS Di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Nasiruddin_T20159005.pdf Download (996kB) |
Abstract
Nasiruddin, 2020: Implementasi Model pengajaran advokasi Pada Mata Pelajaran IPS Di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan Kata kunci: implementasi, pengajaran, model pengajaran advokasi Keberhasilan pelaksanaan model pembelajaran yang sebagian besar terletak pada kinerja guru sebagai salah satu faktor utama dalam kegiatan pembelajaran dikelas.Pelaksanaan model pembelajaran perlu disiapkan dengan matang, dimana model pembelajaran memunculkan model pengajaran advokasi yang harus diterapkan oleh guru- guru dalam pembelajaran.Pada kenyataannya tidak semua guru paham betul dengan model pengajaran advokasi.model pengajaran advokasi mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk setiap satuan pendidikan. Implementasi model pengajaran advokasi sangat menentukan keberadaan ketiga aspek kompetensi pada peserta didik. Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaiman perencanaan model pengajaran advokasi dalam mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan Tahun Pelajaran 2019/2020 2) Bagaiman penerapan model pengajaran advokasi dalam mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan Tahun Pelajaran 2019/2020 dan 3) Bagaiman evaluasi model pengajaran advokasi dalam mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan perencanaan model pengajaran advokasi dalam mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan Tahun Pelajaran 2019/2020 2) Mendiskripsikan penerapan model pengajaran advokasi pada mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan Tahun Pelajaran 2019/2020 3) Mendiskripsikan evaluasi model pengajaran advokasi dalam mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan Tahun Pelajaran 2019/2020 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan karena peneliti mengumpulkan data di lapangan, yaitu di Sekolah madrasah tsanawiyah Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan.Informan dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa siswi kelas VII Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis data menggunakan deskriptif dari model Miles dan Huberman 1) data reduction (reduksi data), 2) data display (penyajian data), 3) conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan /verifikasi).Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan model pengajaran advokasi pada tahap: 1. Perencanaan model pengajaran advokasi yang dilakukan guru Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan sebelum mengajar yakni guru menyiapkan RPP dan sumber belajar. 2. Pelaksanaan model pengajaran advokasi yang dilakukan oleh guru Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kangayan yaitu sudah menerapkan langkah-langkah model pengajaran advokasi yang sesuai dengan rencana yaitu tertulis di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 3. Evaluasi model pengajaran advokasi yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara merenung atas pelaksanaan model pengajaran advokasi dengan melihat secara langsung melalui hasil belajar dan keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 06:58 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 06:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5425 |
Actions (login required)
View Item |