Pengembangan kekhasan pondok pesantren; Studi kasus di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember

Rafik, Ainur and Sutomo, Moh (2017) Pengembangan kekhasan pondok pesantren; Studi kasus di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember. Project Report. IAIN Jember, Jember. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian; Pengembangan Kekhasan Pondok Pesantren.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan pesantren adalah model pendidikaan yang paling tua di Indonesia, sebelum munculnya pendidikan formal. Keberadaan pesantren sebagai lembaga pendidikan adalah representatif dari kebutuhan masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu pendidikan di pesantren berkembang seiring dengan perkembangan masyarakat sekitarnya dengan kearifan lokal (local genius). Oleh karenanya pesantren berkembang dengan kekhasannya sendiri sebagai bentuk jawaban pemenuhan kebutuhaan Stakeholder.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengembangan kekhasan pondok pesantren, dengan subyek penelitian pondok pesantren Baitul Arqom Balung Jember. Fokus kajian penelitian adalah a) Bagaimana pandangan pengasuh terhadap pendidikan di pondok pesantren?, b) Bagaimana pandangan pengasuh terhadap perkembangan IPTEK, tuntutan politik dan stakeholder?, serta c) Kegiatan apa saja yang dilakukan dalam mengembangkan kekhasan pondok pesantren tersebut?.

Penelitian yang disajikan dengan pendekatan kualitatif, disajikan dengan model deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumenter, wawancara dan observasi sedangkan analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif reflektif.

Hasil penelitian ini mengungkapkan : a) Bahwa pandangan pengasuh terhadap pendidikan di pesantren adalah 1) pendidikan di pesantren itu harus terbuka, 2) Pendidikan ddi pesantren untuk semua golongan, 3) Pendidikan dipesantren untuk berfikir bebas dan tetap berjiwa pesantren, b) Pandangan pengasuh pondok pesantren Baitul Arqom Balung Jember terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perubahan sosial politik dan tuntutan stakeholder: yaitu positif dan terbuka. Hal ini di tujukkan dengan dilakukannya rekontruksi pendidikaan modern antara lain: 1) Pembaruan dari segi metode belajar mengajar dalam pesantren, termasuk penggunaan akses teknologi informasi, 2). Pembaruan dari segi muatan isi kurikulumnya. termasuk diajarkan ilmu umum terutama teknologi, dan 3) Pembaruan pesantren sebagai pusat pengembangan masyarakat (center of society development). Termasuk membekali para santri dengan berbagai disiplin keilmuan dan keterampilan dalam memasuki dunia modern dengan tetap berpegang pada tuntutan-tuntutan spiritual, syariat dan akhlak Islam. c) Bentuk kegiatan pendidikan yang dikembangkan sebagai upaya mengembangkan kekhasan di pondok pesantren Baitul Arqom Balung Jember, antara lain: 1) kegiatan pendidikan Muadalah, 2) kegiatan pendidikan non formal, misalnya: pengembangan bahasa Inggris, pengembangan bahasa Arab, kegiatan pramuka, dan kegiatan unit lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kekhasan; Pondok Pesantren
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 16 Nov 2019 12:12
Last Modified: 16 Nov 2019 12:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item