Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran di SMK Pancasila Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Intan Roudlotul Jannah, - (2021) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran di SMK Pancasila Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Intan Roudlotul Jannah_T20151172.pdf

Download (8MB)

Abstract

Intan Roudlotul Jannah, 2019. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran di SMK Pancasila Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Metode simulasi adalah metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya. Penggunaan metode simulasi dalam proses pembelajaran ini bertujuan untuk melatih keterampilan peserta didik, meningkatkan keaktifan belajar siswa serta menumbuhkan daya kreativitas peserta didik. Metode simulasi ini bisa bersifat individu maupun kelompok. Oleh sebab itu, implementasi pembelajaran PAI dalam perawatan jenazah ini guru menggunakan metode simulasi agar peserta didik lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan yaitu : (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran PAI menggunakan metode simulasi pada siswa kelas XI Jurusan Pemasaran di SMK Pancasila Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan metode simulasi pada siswa kelas XI jurusan pemasaran di SMK Pancasila Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 dan (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran PAI menggunakan metode simulasi pada siswa kelas XI jurusan pemasaran di SMK Pancasila Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dapat disimpukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran PAI menggunakan metode simulasi dilakukan dengan cara guru membuat silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga dengan perencanaan tersebut pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien serta tujuan pembelajaran dapat dicapai, (2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode simulasi dibagi dalam 3 tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup dan; (3) Evaluasi pembelajaran PAI menggunakan metode simulasi yaitu dalam pelaksanaan simulasi sudah berjalan dengan lancar, namun terdapat beberapa kendala seperti halnya dalam simulasi memandikan jenazah peserta didik tidak berkenan untuk dimandikan langsung menggunakan air, dan dalam simulasi menguburkan jenazah sekolah tidak menyediakan liang lahat atau tempat untuk menguburkan jenazah, hanya saja simulasi peletakan jenazah secara baik dan benar. Serta dengan adanya simulasi tersebut peserta didik lebih mudah untuk memamhami materi yang diajarkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:42
Last Modified: 14 Apr 2022 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5503

Actions (login required)

View Item View Item