Pengembangan E-modul Berbasis Android Appyet dengan Konteks Potensi Daerah Pesisir Jembrana pada Materi Pisces Untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Tahun Ajaran 2020/2021.

Mila Auliya, - (2021) Pengembangan E-modul Berbasis Android Appyet dengan Konteks Potensi Daerah Pesisir Jembrana pada Materi Pisces Untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Mila Auliya_T20178068.pdf

Download (12MB)

Abstract

Mila Auliya, 2021: Pengembangan E-modul Berbasis Android Appyet dengan Konteks Potensi Daerah Pesisir Jembrana pada Materi Pisces Untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa yang dilakukan oleh siswa kelas X IPA MAN 3 Jembrana bahwa siswa membutuhkan bahan ajar yang dapat menyajikan materi dalam satu kesatuan seperti antara teks, gambar dan video pembelajaran. Sebanyak 52,3% siswa setuju mengalami kesulitan belajar dimasa pandemi, sebanyak 52,4% siswa tidak setuju jika modul yang diberikan sekolah menarik, sehingga sebanyak 52,3% siswa setuju membutuhkan bahan ajar yang lebih menarik dan siswa setuju sebanyak 71,4% jika materi yang disajikan dalam modul dapat dilihat secara langsung dikehidupan sehari-hari, hal tersebut menjadikan siswa sangat setuju sebanyak 85,7% mereka akan lebih memahami materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengembangan e- modul berbasis android appyet dengan konteks potensi daerah pesisir Jembrana pada materi pisces untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah tahun ajaran 2020/2021, 2) Mendeskripsikan kevalidan e-modul berbasis android appyet dengan konteks potensi daerah pesisir Jembrana pada materi pisces untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah tahun ajaran 2020/2021 dan 3) Mendeskripsikan kepraktisan e-modul berbasis android appyet dengan konteks potensi daerah pesisir Jembrana pada materi pisces untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian: 1) E-modul telah dikembangkan dengan model ADDIE yang melalui tiga tahapan terdiri dari: (a) analysis melalui analisis kebutuhan dan kinerja, (b) design (perancangan) dengan memilih layanan online untuk pendesainan dan merancang pendesainan e-modul dari rancangan awal menu-menu hingga rancangan bentuk profil, dan (c) divelopment dilakukan pembuatan e-modul, validasi ahli dan uji terbatas. 2) Kevalidan e-modul setelah divalidasi oleh tiga validator yaitu dari ahli materi memproleh rata-rata persentase sebesar 85,77% dengan kategori “valid”, ahli media sebesar 90,13% dengan kategori “sangat valid” dan guru sebesar 100 % dengan kategori “sangat valid”. 3) Kepraktisan e-modul melalui respon siswa diperoleh keseluruhan angket yang menyatakan “sangat praktis” dengan perolehan persentase sebesar 93,64%, sehingga e-modul berbasis android appyet dengan konteks potensi daerah pesisir Jembrana pada materi pisces dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran biologi siswa kelas X Madrasah Aliyah. Kata Kunci: E-modul, Appyet, Potensi Daerah, Materi Pisces

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:42
Last Modified: 14 Apr 2022 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5504

Actions (login required)

View Item View Item