Implementasi Program Guru Sambang Berbantuan Whatsapp Group Pada Pembelajaran IPA Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 2 Candipuro Lumajang.

Rosela Wardani L. M, - (2021) Implementasi Program Guru Sambang Berbantuan Whatsapp Group Pada Pembelajaran IPA Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 2 Candipuro Lumajang. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

[img] Text
Rosela Wardani Lailatul Maghfiroh_T201610016.pdf

Download (12MB)

Abstract

Rosela Wardani L. M, 2021: Implementasi Program Guru Sambang Berbantuan Whatsapp Group Pada Pembelajaran IPA Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 2 Candipuro Lumajang. Program Guru Sambang merupakan program inovatif Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang sebagai penguatan dan alternatif mengatasi kendala pembelajaran jarak jauh dengan mengunjungi lokasi kelompok belajar/ bermain secara terjadwal. Guru Sambang dijalankan sesuai protokol penanganan pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satu sekolah yang menyelenggarakan program Guru Sambang adalah SMPN 2 Candipuro, Lumajang. Sekolah ini dipilih karena merupakan salah satu sekolah pinggiran yang terakreditasi A di Candipuro Lumajang. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu:1) Bagaimana kebijakan Guru Sambang / Home Visit berbantuan WhatsApp group pada pembelajaran IPA selama masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Candipuro Lumajang? 2) Bagaimana implementasi program Guru Sambang / Home Visit berbantuan WhatsApp group pada pembelajaran IPA selama masa pandemi Covid-19? 3) Apa saja kendala yang dihadapi dalam implementasi program Guru Sambang / Home Visit berbantuan WhatsApp group pada pembelajaran IPA selama masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Candipuro Lumajang? 4) Bagaimana motivasi siswa dalam implementasi program Guru Sambang / Home Visit berbantuan WhatsApp group pada pembelajaran IPA selama masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Candipuro? Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan program Guru Sambang ini dapat dilaksanakan sesuai dengan Zona orange, kuning dan hijau. Kebijakan tersebut sudah baik diterapkan berupaya untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada pada bidang pendidikan selama masa pandemi Covid-19. Serta berupaya untuk mengaplikasikan pembelajaran yang lebih efektif dari pada pembelajaran daring atau juga disebut dengan pembelajaran online. 2) Implementasi program Guru Sambang ini dilaksanakan di setiap kelas dalam 1 minggu 1 kali. Dalam satu sekolah terdapat 59 kelompok belajar yang pembagiannya didasarkan pada kedekatan lokasi peserta didik. Praktikum pada mata pelajaran IPA tidak dilaksanakan, akan tetapi guru memberikan video YouTube melalui WhatsApp group 3) Kendala yang ditemukan ialah terdapat beberapa guru yang kebingungan dalam penyampaian materi karena pada saat pelaksanaan tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. 4) Implementasi program Guru Sambang dapat memotivasi peserta didik selama masa pandemi Covid-19. Kata Kunci: Program Guru Sambang, pandemi Covid-19, pembelajaran IPA, Motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:43
Last Modified: 14 Apr 2022 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5507

Actions (login required)

View Item View Item