Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMP Plus Mamba’ul Hisan Winangun Buol Sulawesi Tengah Tahun 2020.

Faiz Nubaila Nazza, - (2021) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMP Plus Mamba’ul Hisan Winangun Buol Sulawesi Tengah Tahun 2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Faiz Nubaila Nazza_T20161247.pdf

Download (7MB)

Abstract

Faiz Nubaila Nazza 2020 Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMP Plus Mamba’ul Hisan Winangun Buol Sulawesi Tengah Tahun 2020. Kreativitas guru dalam dunia pembelajaran sangat di pertanyakan, dikarenakan posisi seorang guru dalam dunia pendidikan guru memiliki peranan penting dalam mencerdaskan anak bangsa. Namun ada beberapa guru yang tidak tahu dengan tujuannya sehingga dalam pembelajaran hanya sebatas menyampaikan pelajaran kepada siswa tanpa memikirkan efektif tidaknya pembelajaran yang telah di lakukan. Salah satu penyebab guru kurang kreatif adalah kurang memahami cara-cara melaksanakan pembelajaran yang baik, kurangnya mencari refrensi mengenai gaya pembelajaran yang menarik, tidak suka dengan hal-hal baru (experiment) mengenai pembelajaran. Hal ini memberikan pengaruh besar terhadap minat belajar siswa di SMP Plus Mamba’ul Hisan Winangun, Buol, Sulawesi Tengah Tahun 2020. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka fokus penelitian adalah (1) Bagaimana kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa? (2) Apa yang menjadi faktor-faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan belajar siswa? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Plus Mamba’ul Hisan Winangun Boul Sulawesi tengah. (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Plus Mamba’ul Hisan Winangun Boul Sulawesi tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan model Miles Hubermen dan Saldana meliputi: kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Kreativitas guru yang ada di SMP Plus Mamba’ul Hisan Winangun, Boul, Sulawesi Tengah berjalan cukup efektif dilihat dari cara guru menyampaikan pelajaran yang menggunakan beberapa metode yang di gabung dan mengikutkan siswa berperan aktif di dalam pembelajaran, dari situ para siswa terlihat antusias untuk menerima materi pembelajaran. Disamping itu guru juga melakukan pendekatan secara individu untuk memberikan motivasi secara lebih untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa 2). Ada beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu Pihak sekolah memberikan fasiltas berupa buku bacaan untuk mengembangkan kretivitas guru dalam pembelajaran, dan menyediakan laptop serta internet untuk mencari revrensi di internet. Faktor penghambatnya yaitu: Terbatasnya waktu pembelajaran sehingga mengakibatkan guru kurang maksimal dalam menyampaikan pembelajaran dan di tambah lagi kondisi keluarga dari beberapa siswa yang kurang memperhatikan anaknya dalam ranah pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:23
Last Modified: 14 Apr 2022 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5521

Actions (login required)

View Item View Item