PERSPEKTIF MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SECARA DARING (DALAM JARINGAN) DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Arifin, Miftah and Ma'ruf Annizar, Anas PERSPEKTIF MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SECARA DARING (DALAM JARINGAN) DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
laporan penelitian pandemi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perubahan sifnifikan dalam dunia pendidikan dari pembelajaran luring menjadi pembelajaran daring sebagai akibat dari adanya pandemi covid-19 selalu menarik untuk dibahas guna mencari solusi pembelajaran yang paling efektif dan efisien bagi pendidik maupun peserta didik, tidak terkecuali di jenjang perguruan tinggi. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan bertujuan mengetahui metode penyampaian materi, platform/sosmed, model pembelajaran yang dirasa mudah dan efektif bagi mahasiswa, serta hambatan yang dirasakan setelah pandemi terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh mahasiswa di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, dengan penentuan sampel menggunakan metode Slavin. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa 57,7% menyatakan penyampaian materi lebih efektif dan efisien jika dilakukan dengan video secara live (video conference), dengan platform yang dirasa mudah dan efektif adalah google meet, sedangkan hambatan yang dirasakan 63% sampel dalam pembelajaran online adalah jaringan internet yang kurang memadai sehingga konsentrasi terganggu. Lebih jauh dari itu model pembelajaran yang sangat diinginkan oleh mahasiswa untuk diterapkan adalah Belnded Learning (Kadang Daring Kadang Luring).

Kata Kunci : Perspektif, Pembelajaran Daring, Pandemi, Metode, Media, Model

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Miftah Arifin
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:08
Last Modified: 06 Apr 2023 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5524

Actions (login required)

View Item View Item