Impelementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran PAI Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Siswa Di SMPN 2 Rambipuji Jember Tajun Pelajaran 2019/2020.

PURYANTO, - (2021) Impelementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran PAI Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Siswa Di SMPN 2 Rambipuji Jember Tajun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
PURYANTO_T20161045.pdf

Download (6MB)

Abstract

Puryanto, 2021: Impelementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran PAI Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Siswa Di SMPN 2 Rambipuji Jember Tajun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: multikultural, pendidikan Agama Islam, sikap toleransi Pendidikan multikultural adalah sebuah pendekatan pengajaran dan pembelajaran yang didasarkan atas nilai-nilai demokratis yang mendorong berkembangnya pluralisme budaya, pola interaksi masyarakat dari berbagai macam latar belakang agama, bangsa, etnis, dan kultur berbeda setidaknya mendapatkan porsinya yang proporsional. Toleransi beragama adalah toleransi yang mencakup masalah-masalah keyakinan dalam diri manusia yang berhubungan dengan akidah atau ketuhanan yang diyakininya. Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana implementasi model pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan sikap toleransi berbudaya siswa di SMPN 2 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020.? 2) Bagaimana implementasi model pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan sikap toleransi gotong royog siswa di SMPN 2 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020.? 3)Bagaimana implementasi model pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama siswa di SMPN 2 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020.? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk Mendeskripsikan implementasi pendekatan pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan sikap toleransi berbudaya siswa di SMPN 2 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020. 2).Untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan sikap toleransi gotong royog siswa di SMPN 2 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020. 3). Untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama siswa di SMPN 2 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan dekriptif dengan jenis penelitian kualitatif Field Research, penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model Huberman dan Miles. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi pendekatan pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan sikap toleransi berbudaya siswa melalui a). budaya diskusi. b). budaya jum’at beramal, c. budaya salaman, 2) Implementasi pendekatan pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan sikap toleransi gotong royong pada siswa melalui kegiatan kerjama sama disekolah 3)Implementasi pendekatan pendidikan multikultural pada pembela jaran PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama siswa yaitu: a) menghargai dan menghormati penganut agama lain, sekaligus menghormati dan menghargai sesama umat muslim, b) Sikap toleransi dalam kegiatan keagamaan shalat dhuha, shalat dzuhur berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:01
Last Modified: 18 Apr 2022 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5560

Actions (login required)

View Item View Item