Dewi Iani, Nurfatul Aini (2020) Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan (infaq, disiplin dan bersih) IDB di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Dewi Ayu Nurfatul Aini_T20153011.pdf Download (18MB) |
Abstract
Dewi Ayu Nurfatul Aini, 2020: Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan (infaq, disiplin dan bersih) IDB di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020 Dalam meningkatkan IDB (infaq, disiplin dan bersih) di era modern ini tentu memerlukan peran kepala madrasah. Hal ini dilakukan untuk memotivasi dan mempertahankan program yang ada di madrasah. Di dalam sebuah lembaga tidak lepas dari permasalahan-permasalahan yang harus dihadapi, salah satunya kurangnya kesadaran akan manfaat dari program yang ada di madrasah. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya peran kepala madrasah dalam meningkatkan IDB (infaq, disiplin dan bersih). Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan (infaq, disiplin dan bersih) IDB di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan (infaq, disiplin dan bersih) IDB di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020? (3) Apa saja faktor kendala dan pendukung untuk meningkatkan (infaq, disiplin dan bersih) IDB di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan (infaq, disiplin dan bersih) IDB di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai motivator meningkatkan program (infaq, disiplin dan bersih) IDB di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Mendeskripsikan faktor kendala dan pendukung untuk meningkatkan IDB (infaq, disiplin dan bersih) di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriktif kualitatif dengan metode kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian: (1) Kepala madrasah bukan hanya sekedar merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengawasi, namun kepala madrasah juga ikut serta melaksanakan dan mempertahankan program (infaq, disiplin dan bersih) IDB. (2) Pelaksanaan program untuk meningkatkan (infaq, disiplin dan bersih) IDB disini yaitu dengan menilai program tersebut dalam satu pekan sekali dan diumukan pada hari senin saat upacara bendera dilaksanakan. Sehingga membuat siswa lebih giat lagi untuk melaksanakan (infaq, disiplin dan bersih) IDB serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. (3) Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso ini dengan adanya beberapa program yang sudah direncanakan, pasti ada faktor kendala dan faktor pendukung yang terjadi untuk meningkatkan program yang ada. Untuk faktor kendala yang terjadi yaitu, kurangnya kesadaran dari manfaat (infaq, disiplin dan bersih) IDB sehingga masih ada beberapa siswa yang jarang berinfaq, tidak disiplin bahkan tidak bersih. Sedangkan untuk faktor x pendukung yaitu SDM (sumber daya manusia) yang cukup, sarana dan prasarana yang memadai dan kekompakan yang dilakukan oleh seluruh warga madrasah serta dukungan dari kepala madrasah dan guru untuk tetap melaksanakan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 04:05 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 04:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5562 |
Actions (login required)
View Item |