Problematika Penyusunan Soal High Order Thingking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Bustanul Ulum Puger.

Tazkiyyatul Hariroh, - (2021) Problematika Penyusunan Soal High Order Thingking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Bustanul Ulum Puger. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Tazkiyyatul Hariroh_T20171152.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tazkiyyatul Hariroh, 2021: Problematika Penyusunan Soal High Order Thingking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Bustanul Ulum Puger. Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang didalamnya terdapat komunikasi antara pendidik dan peserta didik yang berisikan informasi dengan tujuan dapat membentuk pribadi manusia menjadi lebih baik dalam bersosial. Salah satu tercapainya tujuan pendidikan karena adanya evaluasi pembelajaran. Adanya evaluasi pembelajaran membantu pendidik untuk mengetahui hasil pembelajaran peserta didik. Sesuai kurikulum yang berlaku, salah satu esensi yang terdapat dalam kurikulum 2013 yakni pencapaiaan kompetensi berfikir tingkat tinggi (high order thingking skills, HOTS) untuk menyelesaikan masalah dengan berfikir kritis, inovatif, kreatif, demi kehidupan kebersamaan manusia dengan damai dan harmonis2. Salah satu kegiatan yang dapat menuntun peserta didik dapat mencapai kompetensi berfikir tingkat tinggi yakni adanya evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada soal HOTS (high order thingking skills). Berlatar belakang dari beberapa langkah penyusunan soal HOTS, ada beberapa pendidik yang masih mengalami kendala dalam penyusunan. Sehingga dalam hal ini mengangkat judul Problematika Penyusunan Soal HOTS (High Order Thingking Skills) di SMA Plus Bustanul Ulum Puger. Tujuan dari karya tulis ini untuk mengetahui kendala yang dialami pendidik dalam penyusunan soal HOTS sekaligus memberikan pemahaman terkait langkah-langkah penyusunan soal HOTS sesuai dengan modul. Adapun beberapa kendala yang dialami diantaranya dalam hal perbedaan pemahaman menganalisis kompetensi dasar yang dapat dibuat soal HOTS, pembuatan kisi-kisi soal yang terlalu rumit karena dijelaskan secara perseal, menemukan stimulus yang menarik dan kontekstual karena dituntut untuk banyak membaca literasi dan kesulitan pemilihan kata pada awal kalimat yang dapat sesuai dengan indikator soal. Sehingga dalam hal ini pendidik perlu memperhatikan langkah-langkah penyusunan soal HOTS yang benar. Adapun langkah-langkah penyusunan soal HOTS yang pertama menganalisis KD yang dapat dibuat soal HOTS yakni ranah C4, C5 dan C6. Yang kedua menyusun kisi-kisi soal. Yang ketiga merumuskan stimulus yang menarik dan kontekstual. Yang keempat menulis butir pertanyaan sesuai kisi-kisi soal. kelima membuat pedoman penskoran dan kunci jawaban. Kata Kunci: pendidikan, evaluasi, kendala penyusunan soal HOTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:07
Last Modified: 18 Apr 2022 04:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5571

Actions (login required)

View Item View Item