Strategi Guru Tahfiz dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember

hasanah, sulissatul (2022) Strategi Guru Tahfiz dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS SULISSATUL HASANAH.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: strategi guru, hafalan Al Qur’an Dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an bukan sebuah perkara yang mudah. Dalam menghafal Al-Qur’an tidak semua orang bisa. Mengingat kemampuan siswa yang berbeda-beda. Dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an di sekolah seorang guru mempunyai peranan penting terhadap keberhasilan siswa untuk menghafalkannya dengan baik. Dalam menghafal Al-Qur’an tidak semua guru mampu menerapkan strategi pembelajaran dengan baik hal ini bisa dilihat dari kesulitan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Seorang guru harus mampu memilih strategi yang tepat agar siswa mampu menghafal Al-Qur’an secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang sudah diterapkan. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan strategi klasikal dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi kelompok kecil dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember?, 3) Bagaimana pelaksanaan strategi individu dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi klasikal dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember 2) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi kelompok kecil dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember. 3) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi individu dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi pembelajaran klasikal Pestalozzi, teori strategi kelompok kecil (cooperative learning) Bern dan Erickson, teori strategi pembelajaran individual Rowntree. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember. Kehadiran peneliti sebagai key instrument. Teknik penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman, Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Pelaksanaan strategi klasikal dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember yaitu dengan menerapkan metode menghafal Al-Qur’an bin Nazar yang dikemas dengan secara klasikal atau berkelompok dengan alokasi waktu 1 jam dan siswa membaca Al-Qur’an minimal 10 kaca setiap harinya dan Ustad maupun ustadhah menyimak siswa yang sedang menghafalkan Al-Qur’an dan membenarkan bacaan siswa yang terdapat kesalahan. 2. Pelaksanaan strategi kelompok kecil dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember yaitu dengan menerapkan metode menghafal Al-Qur’an dengan metode Tasmi’ atau menyimak hafalan temannya secara bergantian dengan alokasi waktu 1 jam dengan cara siswa dikelompokkan menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 orang, ustad dan ustadzah mengontrol hafalan siswa melalui buku catatan. Adapun bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu menggunakan tes sambung ayat. 3. Pelaksanaan strategi individu dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember yaitu dengan menerapkan metode menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah per individu dengan alokasi waktu melebihi 1 jam. Setiap siswa minimal menyetorkan hafalannya 1 kaca dalam sehari. Adapun target yang diberikan guru kepada siswa adalah 1 juz dalam 1 minggu. Setiap 1 semester siswa menyetorkan hafalannya kepada kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Kab. Jember kriteria penilaian yang diberikan kepada siswa adalah kemampuan dari segi tajwid dan kelacaran dalam menghafalkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sulissatul Hasanah Sulis
Date Deposited: 18 Apr 2022 08:39
Last Modified: 18 Apr 2022 08:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5574

Actions (login required)

View Item View Item