Penggunaan Media Flipbook Maker dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo Jember

Arifin, Syamsul (2022) Penggunaan Media Flipbook Maker dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah Tempurejo Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
1. Revisi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Flipbook Maker, Hasil Belajar Pembelajaran menggunakan media flipbook maker dengan menyajikan konten video dalam materi sangat menarik untuk siswa. Hasil belajar merupakan pengukuran setelah penggunaan media flipbook maker diamana keseluruhan usaha yang dilakukan siswa untuk memahami materi dalam pembelajaran. Fokus penelitian 1)Bagaimana perencanaan penggunaan media flipbook maker dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah? 2)Bagaimana pelaksanaan penggunaan media flipbook maker dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah? 3)Bagaimana hasil penggunaan media flipbook maker dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah? Tujuan penelitian 1)Mendeskripsikan perencanaan penggunaan media flipbook maker dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah 2)Mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media flipbook maker dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah 3)Mendeskripsikan hasil penggunaan media flipbook maker dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 56 Salafiyah Syafi’iyah. Teori perencanaan dalam buku “Pembelajaran Tematik Terpadu, Prabowo, 2013” meliputi: menetapkan mata pelajaran dan tema, menetapkan KD, menyusun silabus, RPP tematik. Pelaksanaan dalam buku “Pembelajaran Terpadu, Hadisubroto dan Herawati, 1998” meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. Teori hasil belajar “Bloom dalam buku Ahmad susanto, 2007” meliputi: pengetahuan sikap, dan keterampilan. Peneliti memilih pendekatan kualitatif, jenis studi kasus, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber dan member chek. Hasil penelitian 1)Perencanaan penggunaan media flipbook maker berupa: Menentukan jenis mata pelajaran, memilih materi ajar, menyusun silabus, KD dan indikator, merumuskan prosedur evaluasi dan dilakukan penyiapan aplikasi flipbook maker untuk dimasukkan materi, dan video serta penyusunan silabus, RPP, prota, promes 2)Pelaksanaan penggunaan media flipbook maker dilakukan melalui: pertama kegiatan pembukaan, kedua kegiatan inti meliputi: kegiatan ayo berlatih, ayo mencoba, ayo bernyanyi, dan ayo bermain sambil melihat layar flipbook maker, ketiga kegiatan penutup. 3)Hasil penggunaan media flipbook maker mengarah pada hasil belajar siswa ditunjukkan komponen pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Syamsul Arifin
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:22
Last Modified: 20 Apr 2022 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5576

Actions (login required)

View Item View Item