Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Nusantara bagi Peserta Didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi

Deni Setyawan, - (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Nusantara bagi Peserta Didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Deni Setyawan_T20171176.pdf

Download (4MB)

Abstract

Deni Setyawan, 2021: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Nusantara bagi Peserta Didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai Islam Nusantara, Penanaman Nilai Islam Nusantara Peran guru Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Disamping itu peran guru Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik sebagai motivator, pembimbing, fasilitator dan lain sebagainya, yang mana hal ini menjadi pondasi terbentuknya didikan pada peserta didiknya. Pada hakikatnya guru Pendidikan Agama Islam memiliki potensi dalam melakukan gaya atau model dalam mendidik peserta didiknya. Materi agama Islam khususnya, guru Pendidikan Agama Islam mengajar serta mengaplikasikan materi yang positif untuk menjadi teladan bagi peserta didiknya. Kemudian, dari pembahasan nilai Islam Nusantara itu sendiri yang terdiri dari beberapa nilai dimulai dari nilai tauhid, nilai toleransi, nilai persaudaraan sebangsa dan lain sebagainya. Beberapa nilai tersebut dipaparkan sesuai keadaan yang ada pada kegiatan di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi. Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai Islam Nusantara pada peserta didiknya menjadi hal yang sangat menarik untuk diulas secara ringkas dalam penelitian ini. Disamping itu nilai Islam Nusantara merupakan karakter agama Islam yang ada pada bangsa Indonesia, yang terdiri dari berbagai macam keberagaman dan perbedaan. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai tauhid bagi peserta didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi ? 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai toleransi bagi peserta didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi ? 3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai persaudaraan sebangsa bagi peserta didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi ? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai tauhid bagi peserta didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai toleransi bagi peserta didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai persaudaraan sebangsa bagi peserta didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Milles, Huberman dan Saldana tahun 2014 yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Tauhid bagi Peserta Didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi ix yaitu proses yang dilakukan dalam kegiatan mendidik atau membimbing peserta didik dalam mengaplikasikan nilai tauhid dalam kelas atau lingkungan sekolah baik dalam kegiatan luar kelas maupun dalam jam pelajaran berlangsung. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Toleransi bagi Peserta Didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi yaitu segala upaya kegiatan yang dilakukan guru atau didukung oleh sekolah dalam melaksanakan nilai toleransi yang sesuai dengan dasar Negara Indonesia yakni saling menghargai perbedaan tiap individu dalam aturan hokum yang berlaku. 3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Persaudaraan Sebangsa bagi Peserta Didik di SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi yaitu menyelaraskan latar belakang peserta didik dalam ranah pancasila untuk memajukan kebersamaan, kesetaraan dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:04
Last Modified: 19 Apr 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5580

Actions (login required)

View Item View Item