Analisis Hambatan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMA Darussalam Tahun 2019

Yuyun Nur Robikhah, - (2020) Analisis Hambatan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMA Darussalam Tahun 2019. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Yuyun Nur Robikhah_T20158034.pdf

Download (8MB)

Abstract

Yuyun Nur Robikhah, 2020: Analisis Hambatan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMA Darussalam Keyword: Hambatan guru, Hambatan siswa, Pembelajaran biologi SMA Darussalam adalah lembaga pendidikan tingkat SLTA yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Darussalam. Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMA tersebut terdapat hambatan yang dialami karena selain mayoritas siswa berasal dari kalangan Pondok Pesantren serta padatnya jadwal dari pondok sendiri tentunya menjadi faktor munculnya hambatan pembelajaran siswa disekolah. Selain itu dalam pembelajaran, guru menjadi faktor yang berpengaruh dalam prosesnya. Hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Darussalam tentunya beragam. Salah satunya penyebab dari keterikatan antara pondok dan lembaga kurikulum yang memunculkan keterbatasan peraturan yang berada dilembaga tersebut. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Apa sajakah hambatan yang dialami guru dalam pembelajaran biologi di SMA Darussalam?2) Apa sajakah hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran biologi di SMA Darussalam? Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non-partisipan dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data (Data collection), reduksi data (Data reduction), penyajian data (Data display, dan Conclution drawing. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Terdapat beberapa hambatan yang dialami guru biologi di SMA Darussalam diantaranya adalah salah memahami kekuatan kepribadian guru dalam hal kedisiplinan memulai jam pelajaran masih kurang, namun dalam hal kepribadian yang lainnya seperti kedewasaan dalam berfikir sebagai seorang pendidik tampak. Hambatan dari dalam diri guru yaitu pandangan pesimis yang dimiliki guru juga tampak terlihat hal ini karena faktor padatnya jam kegiatan dan materi keagamaan yang harus dikuasai sehingga membuat keyaqinan guru terhadap siswa dalam menguasai materi biologi secara mendalam menurun. Terdapat pula faktor dari luar diri guru yang menghambat pembelajaran biologi yaitu kurangnya media informasi dan terbatasnya sarana dan prasarana yang ada. Kurangnya media informasi yang diakses oleh siswa sedangkan mengenai terbatasnya sarana dan prasarana SMA Darussalam mengalami kesulitan dalam pengadaan karena kebijakan penuh terletak pada yayasan dan SMA tersebut sifatnya hanya mengusulkan. 2) Terdapat beberapa hambatan pembelajaran biologi yang dialami oleh siswa SMA Darussalam diantaranya adalah dari faktor individual yaitu aspek fisologis. Hal ini tampak karena selalu terdapat siswa yang tidak masuk dalam satu kelas sehingga jumlah siswa selalu kurang dari jumlah absensi. Hal ini dikarenakan siswa sering sakit sehingga membuat siswa tidak masuk serta ketinggalan pelajaran. Hambatan siswa segi psikologis juga tampak diantaranya adalah rendahnya tingkat intelegensi siswa hambatan tersebut terjadi karena faktor kurangnya siswa dalam belajar biologi karena waktu kegiatan di pondok pesantren sangat padat. Hambatan dari segi sikap siswa juga terlihat karena siswa sering tidur di kelas. Hambatan tersebut dipengaruhi oleh kurangnya jam tidur siswa dimalam hari. Faktor eksternal yang menghambat siswa juga tampak terlihat dalam aspek lingkungan non sosial khususnya pada lingkungan belajar yang kurang mnendukung. Hal ini disebabkan karena jarak unit pendidikan yang dekat dengan unit pendidikan lainnya sehingga jika unit lain terdapat agenda ekstrakulikuler, perkumpulan, upacara dan lain sebagainya akan terganggu selain itu suara yang berasal dari pembangunan gedung mengganggu konsentrasi siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 20 Apr 2022 00:45
Last Modified: 20 Apr 2022 00:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5589

Actions (login required)

View Item View Item