Implementasi E-Learning Melalui Aplikasi Google Classroom pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Kota Mojokerto Tahun Pelajaran 2020/ 2021

Nur Ilmi Faridha, - (2021) Implementasi E-Learning Melalui Aplikasi Google Classroom pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Kota Mojokerto Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
NUR ILMI FARIDHA_T20174058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nur Ilmi Faridha, 2021: Implementasi E-Learning Melalui Aplikasi Google Classroom pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Kota Mojokerto Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Implementasi E-Learning merupakan kegiatan pembelajaran online, dimana kegiatan tersebut memiliki serangkaian aktivitas meliputi penyiapan awal, penyiapan materi, mendesain paket program, dan memvalidasi paket program. SDIT Permata Kota Mojokerto telah melaksanakan E-Learning dengan memanfaatkan aplikasi Google Classroom. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini ada 4 yaitu, 1) Bagaimana perencanaan awal implementasi e-learning melalui Google Classroom pada masa pandemi di SDIT Permata Kota Mojokerto? 2) Bagaimana mendesain program e- learning melalui Google Classroom pada masa pandemi di SDIT Permata Kota Mojokerto? 3) Bagaimana memvalidasi program e-learning melalui aplikasi google classroom pada masa pandemi di SDIT Permata? Tujuan penelitian adalah untuk Mendeskripsikan perencanaan awal ,, desain program, serta validasi program implementasi pembelajaran e-learning melalui Google Classroom dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDIT Permata Kota Mojokerto Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan fenomenologi. Penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik Purposive, yaitu teknik pemilihan informan yang dipandang dapat bisa memberikan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan dalam penelitian, informan pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum / Koordinator Tim Daring, dan Guru Kelas SDIT Permata Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan menggunakan triangulasi Sumber, dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan awal. Yaitu Pertama, penyiapan aplikasi Google Classroom. Kedua, penyiapan guru. Ketiga, penyusunan materi, Keempat, penyiapan wali murid. 2) Mendesain Paket Program. Yaitu pertama, membuat ruang kelas. kedua, mengelompokkan topik. Ketiga, pemanfaatan Fitur Aplikasi Google Classroom. 3) Validasi Paket program. Yaitu pertama, simulasi penggunaan Google Classroom. Kedua, penggunaan Google Classroom di Tingkat Kelas 4, 5, dan 6. Ketiga, penggunaan Google Classroom di seluruh tingkatan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 20 Apr 2022 00:45
Last Modified: 20 Apr 2022 00:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5590

Actions (login required)

View Item View Item