SITI FATIMAH, - (2021) Partisipasi Orang Tua pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Jaringan (Online Learning) di SMP Negeri 7 Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
SITI FATIMAH_T20171364.pdf Download (6MB) |
Abstract
Siti Fatimah, 2021 : Partisipasi Orang Tua pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Jaringan (Online Learning) di SMP Negeri 7 Bondowoso. Kata Kunci: Partisipasi orang tua, Pembelajaran PAI dalam jaringan Partisipasi orang tua dapat diartikan sebagai keterlibatan atau peran serta orang tua dalam mencapai tujuan pendidikan terutama saat pembelajaran daring. Penerapan pembelajaran daring dimaksudkan mempersempit angka penularan virus COVID-19. Salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring adalah SMP Negeri 7 Bondowoso. Untuk tetap tercapainya tujuan pendidikan tidak hanya guru yang dituntun kompeten tetapi partisipasi orang tua sangat berpengaruh besar pada pendidikan anaknya terutama selama pembelajaran daring. Partisipasi yang dimaksud mencakup pemberian bimbingan belajar terhadap anak, pemberian motivasi, dan pemenuhan fasilitas belajar Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana bentuk bimbingan orang tua terhadap anak pada proses pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam jaringan (online learning) di SMP Negeri 7 Bondowoso? 2) Bagaimana bentuk motivasi orang tua terhadap anak pada proses pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam jaringan (online learning) di SMP Negeri 7 Bondowoso? 3) Bagaimana bentuk pemenuhan fasilitas belajar anak oleh tua pada proses pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam jaringan (online learning) di SMP Negeri 7 Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bentuk bimbingan orang tua terhadap anak pada proses pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam jaringan (online learning) di SMP Negeri 7 Bondowoso 2) Mendeskripsikan bentuk motivasi orang tua terhadap anak pada proses pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam jaringan (online learning) di SMP Negeri 7 Bondowoso 3) Mendeskripsikan bentuk pemenuhan fasilitas belajar anak oleh tua pada proses pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam jaringan (online learning) di SMP Negeri 7 Bondowoso. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa partisipasi orang pada proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Bondowoso cukup partisipatif baik dalam memberikan bimbingan belajar, motivasi dan pemenuhan fasilitas belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 02:52 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 02:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5616 |
Actions (login required)
View Item |