( FILE SCAN SEMUA ) Pembinaan Soft Skills dan Hard Skills Anak-Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Oueen Assalam Sumberberas Banyuwangi

Siska Ayu Lestari, - (2021) ( FILE SCAN SEMUA ) Pembinaan Soft Skills dan Hard Skills Anak-Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Oueen Assalam Sumberberas Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
SISKA AYU LESTARI_T20171021.pdf

Download (37MB)

Abstract

Siska Ayu Lestari, 2021: Pembinaan Soft Skills dan Hard Skills Anak-Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Oueen Assalam Sumberberas Banyuwangi. Kata kunci: pembinaan soft skills dan hard skil, anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI), kegiatan ekstrakurikuler Soft skills dan hard skills merupakan dua unsur yang ada di dalam life skil. Soff skills adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain Sedangkan hard skills adalah keterampilan seseorang dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Keduanya tidak bisa dipisahkan antara satu dengan lainnya dalam diri seseorang, melainkan harus diintegrasikan dalam proses pembinaan melalui latihan-latihan dalam sebuah kegiatan yang relevan salah satunya yaitu kegiatan ekstrakurikuler sebagaimana yang dilakukan di Pondok Pesantren Gucen Assalam Sumberberas Banyuwangi. Tokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembinaan soft skills dan hard skills anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Oueen Assalam Sumberberas Banyuwangi? (2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan soft skills dan hard skills anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Oucen Assalam Sumberberas Banyuwangi? (3) Bagaimana evaluasi pembinaan soff skills dan hard skills anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Oueen Assalam Sumberberas Banyuwangi”, Tujuan penelitian ini adalah: (I) Mendeskripsikan perencanaan pembinaan soft skills dan hard skills anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Oueen Assalam Sumberberas Banyuwangi. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan soft skills dan hard skilis anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Gueen Assalam Sumberberas Banyuwangi. (3) Mendeskripsikan evaluasi pembinaan soft skills dan hard skills anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Oueen Assalam Sumberberas Banyuwangi.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitianya deskriptif dan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Muberman, dan Saldana langkah-langkahnya yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi, sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik: Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) Perencanaan pembinaan so/f skills dan hard skills anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui kegiatan ckstrakurikuler di Pondok Pesantren Oueen Assalam diawali dengan mempersiapkan perencanaan pembelajaran sebelum pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan perencanaan, masalah-masalah yang akan muncul dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dapat diatasi, karena sudah diperkirakan sebelumnya Adapun perencanaan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz al-Gur'an diantaranya menentukan tujuan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz al-ur'an dan menentukan standar kompetensi lulusan, sedangkan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler pidato diantaranya menentukan tujuan kegiatan ekstrakurikuler pidato dan menentukan tata krama dalam berpidato, perencanaan kegiatan ekstrakurikuler tilawah diantaranya menentukan tujuan kegiatan ekstrakurikuler tilawah dan menentukan indikator kemampuan membaca al-Gur'an, dan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah diantaranya menentukan tujuan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dan menentukan program kegiatan ekstrakurikuler hadrah. (2) Pelaksanaan pembinaan soff skills dan hard skills anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Oucen “Assalam yaitu pengurus pondok dalam pelaksanaan kegiatan menerapkan sistem kesadaran pada diri santri untuk disiplin meskipun tanpa dipaksa. Adapun pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz al-Gur'an menggunakan metode sorogan dan medianya berupa al-Gur'an, sedangkan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pidato menggunakan metode ceramah dan praktik, dan medianya berupa mikrofon, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tilawah menggunakan metode ceramah dan praktik dan medianya berupa al-Gur'an, dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah menggunakan metode ceramah dan praktik dan medianya berupa rebana, darbuka, bas, keplak, tamborin, dan pengeras suara. (3) Evaluasi pembinaan soft skills dan hard skills anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Ouween Assalam ini dimaksudkan untuk memperoleh data atau informasi mengenai tingkat keberhasilan yang dicapai para santri. Adapun evaluasi kegiatan ekstrakurikuler tahfidz al-Gur'an dilakukan dengan cara tes lisan berupa setoran hafalan dan tes unjuk kerja berupa praktik membaca al-Gur'an, sedangkan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler pidato dilakukan dengan cara tes tulis dan tes unjuk kerja berupa praktik pidato, evaluasi kegiatan ekstrakurikuler tilawah dilakukan dengan cara tes unjuk kerja berupa praktik membaca al-Guran, dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler hadrah dilakukan dengan cara tes unjuk kerja berupa praktik hadrah dan melakukan evaluasi yang bersifat kualitatif berupa observasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:27
Last Modified: 09 Jun 2022 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5617

Actions (login required)

View Item View Item