Metode Pembelajaran Majelis Taklim Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Pada Mahasiswa Di Pondok Pesantren Putri Al-Roudloh Mangli Jember

MAKNUNAH PARAHITA, - (2021) Metode Pembelajaran Majelis Taklim Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Pada Mahasiswa Di Pondok Pesantren Putri Al-Roudloh Mangli Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MAKNUNAH PARAHITA_T20161257.pdf

Download (7MB)

Abstract

Maknunah Parahita, 2021: Metode Pembelajaran Majelis Taklim Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Pada Mahasiswa Di Pondok Pesantren Putri Al-Roudloh Mangli Jember Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Nilai-Nilai Islam, Pondok Pesantren Hidup di zaman globalisasi dapat mempengaruhi sifat seseorang apabila tidak dibekali oleh ilmu agama. Pondok Pesantren Putri Al-Roudloh Mangli Jember ini menciptakan lingkungan majelis taklim. Hal ini merupakan bentuk kesiapan untuk mencetak manusia yang berkualitas. Tentunya dalam majelis taklim pengajar menggunakan metode dalam penyampaian pembelajarannya. Hal ini relasinya dengan judul “Metode Pembelajaran Majelis Taklim Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Pada Mahasiswa Di Pondok Pesantren Putri AlRoudloh Mangli Jember.” Memiliki fokus penelitian (1) Bagaimana Metode Pembelajaran Majelis Taklim melalui Ceramah dalam menanamkan Nilai-Nilai Islam pada Mahasiswa di Pondok Pesantren Putri Al-Roudloh Mangli Jember. (2) Bagaimana Metode Pembelajaran Majelis Taklim melalui Tanya Jawab dalam menanamkan Nilai-Nilai Islam pada Mahasiswa di Pondok Pesantren Putri Al-Roudloh Mangli Jember. (3) Bagaimana Metode Pembelajaran Majelis Taklim melalui Diskusi dalam menanamkan Nilai-Nilai Islam pada Mahasiswa di Pondok Pesantren Putri Al-Roudloh Mangli Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mendeskripsikan bagaimana metode pembelajaran majelis taklim melalui ceramah dalam menanamkan nilai-nilai Islam pada mahasiswa di Pondok Pesantren Putri AlRoudloh Mangli Jember. (2) Mendeskripsikan bagaimana metode pembelajaran majelis taklim melalui tanya jawab dalam menanamkan nilai-nilai Islam pada mahasiswa di Pondok Pesantren Putri Al-Roudloh Mangli Jember. (3) Mendeskripsikan bagaimana metode pembelajaran majelis taklim melalui diskusi dalam menanamkan nilai-nilai Islam pada mahasiswa di Pondok Pesantren Putri Al-Roudloh Mangli Jember. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive. Jenis pendekatan menggunakan descriptif research (penelitian deskriptif). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data model Miles Huberman dan Saldana yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Metode ceramah sering digunakan karena termasuk metode yang mudah dilakukan dengan memberi nasehat-nasehat yang relevan dari kitab yang dipelajari. (2) Metode tanya jawab ini dimanfaatkan oleh pengajar untuk mengetahui sejauh mana pemahaman santri dalam pembelajaran dan membuat suasana kelas kembali kondusif. (3) Metode diskusi ini berguna untuk melatih santri untuk lebih kritis dalam berfikir, dan berani mengemukakan pendapat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:54
Last Modified: 20 Apr 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5618

Actions (login required)

View Item View Item