Pembiasaan Pembelajaran Baca Tulis al-Quran Dengan Metode Jibril Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Di Sekolah menengah pertama Islam Darul Hidayah Gambirono Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

H I K M A H, - (2021) Pembiasaan Pembelajaran Baca Tulis al-Quran Dengan Metode Jibril Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Di Sekolah menengah pertama Islam Darul Hidayah Gambirono Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
H I K M A H_T20161249.pdf

Download (11MB)

Abstract

Hikmah, 2020: Pembiasaan Pembelajaran Baca Tulis al-Quran Dengan Metode Jibril Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Di Sekolah menengah pertama Islam Darul Hidayah Gambirono Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Kata Kunci: Pembelajaran Baca Tulis al-Quran, Metode Jibril, Kemampuan Membaca al-Quran. Baca Tulis al-Quran adalah pelajaran muatan lokal yang mempelajari bagaimana cara membaca dan menulis al-Quran dengan baik dan benar. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Quran maka diperlukan metode untuk mencapai kegiatan tersebut. Metode jibril adalah metode pembelajaran al-Quran dengan teknik dasar Talqin-taqlid (menirukan), yaitu siswa menirukan bacaan gurunya setelah mendengarkannya. Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan pembelajaran Baca Tulis al-Quran dengan metode jibril dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Sekolah Menengah Pertama Islam Darul Hidayah Gambirono Bangsalsari Jember Tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana evaluasi pembiasaan pembelajaran Baca Tulis al-Quran dengan metode jibril dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Sekolah Menengah Pertama Islam Darul Hidayah Gambirono Bangsalsari Jember Tahun pelajaran 2019/2020? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pembiasaan pembelajaran Baca Tulis al-Quran dengan metode jibril dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Sekolah Menengah Pertama Islam Darul Hidayah Gambirono Bangsalsari Jember Tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif Field Research, penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data dengan model interaktif yang di kembangkan Miles Hubermen yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data. Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah 1) pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis al-Quran dengan metode jibril di lakukan dengan cara teknik Talqin-talqid yaitu guru membaca ayat al-Quran satu waqof kemudian siswa memperhatikan dan menirukan bacaan guru secara bersama-sama, apabila siswa belum fasih atau lancar menirukan bacaan gurunya maka guru tersebut selalu mengulang-ulang bacaan al-Quran sampai siswa bisa menirukan sama persis seperti apa yang di tirukan oleh gurunya. 2) Evaluasi program Baca Tulis al-Quran dengan Metode Jibril dilakukan dengan tiga tahapan yaitu evaluasi setiap tiga minggu sekali, evaluasi tengah semester, dan evaluasi akhir semester.3) Faktor pendukung meliputi: bakat siswa yang berbeda-beda, siswa mempunyai tradisi kebiasaan membaca sedangkan faktor penghambat meliputi: motivasi siswa yang rendah, ada bebrapa siswa memiliki intelegensi tinggi dan faktor keluarga yang tidak acuh terhadap perkembangan dan pengetahuan anaknya mengenai BTQ.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:54
Last Modified: 20 Apr 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5619

Actions (login required)

View Item View Item