Penggunaan E-learning dalam pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang tahun ajaran 2020/2021

Mochammad Setiawan, Riskianto (2021) Penggunaan E-learning dalam pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Mochammad Setiawan Riskianto_T20171317.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mochammad Setiawan Riskianto, 2021 : “Penggunaan E-learning dalam pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang tahun ajaran 2020/2021.” Kata kunci: E-learning, pembelajaran akidah akhlak, motivasi belajar. Penggunaan E-learning yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang ini pelaksanaannya dari pukul 07.00 sampai 12.00, dengan adanya wabah virus covid pada bulan maret 2020 mengakibatkan sistem pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran saat ini adalah sistem pembelajaran daring. E-learning merupakan sistem yang digunakan dalam proses pembelajaran sedangkan aplikasi zoom & google classroom adalah sebuah aplikasi untuk melakukan interaksi antar guru dan siswa melalui media internet. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan E-learning pada pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan aplikasi zoom di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang? (2) Bagaimana penggunaan E-learning dalam pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan google classroom di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan E-learning dalam pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang menggunakan aplikasi zoom & google classroom. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi tak berstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, kemudian menggunakan analisis data dari milles huberman berikut langkah-langkah dari milles and huberman diantaranya reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber data, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini yaitu: (1) penggunaan E-learning pada pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan zoom diterapkan dengan penggunaan E-learning setiap hari disaat akan absensi, sedangkan pembelajaran virtual melalui aplikasi zoom dilaksanakan tiga kali dalam sebulan. Adapun kendala atau hambatan dalam penggunaan E-learning ini adalah sinyal yang kurang bagus, kuota yang menipis dan ruang penyimpanan ponsel yang tidak cukup banyak dalam menginstal aplikasi bawaan E-learning. (2) penggunaan E-learning pada mata pelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan google classroom dilaksanakan dengan penggunaan E-learning setiap hari disaat akan absensi, sedangkan pembelajaran ruang kelas online melalui google classroom dilaksanakan empat kali dalam sebulan. Adapun kendala atau hambatan dalam penggunaan E-learning ini adalah sinyal yang kurang bagus, kuota yang menipis dan ruang penyimpanan ponsel yang tidak cukup banyak dalam menginstal aplikasi bawaan E-learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:57
Last Modified: 20 Apr 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5626

Actions (login required)

View Item View Item