Kreatifitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biotik dan abiotik bagi siswa kelas I MI Darul Ulum Sidomukti Mayang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020

NUR IMAMAH, - (2021) Kreatifitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biotik dan abiotik bagi siswa kelas I MI Darul Ulum Sidomukti Mayang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah.

[img] Text
NUR IMAMAH_20164082.pdf

Download (4MB)

Abstract

Imamah, 2020. Kreatifitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biotik dan abiotik bagi siswa kelas I MI Darul Ulum Sidomukti Mayang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020 Kata Kunci: Kreatifitas guru, lingkungan sekolah, sumber belajar biotik dan abiotik Idealnya seorang guru harus memiliki kreatifitas dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, yang dapat memberikan pengalaman yang nyata dan langsung kepada peserta didik. segala sesuatu yang ada disekitar sekolah misalnya: benda mati dan benda hidup yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran menyayangi tumbuhan merupakan pembelajara yang kreatif dan inovativ yang berkaitan erat dengan alam sekitar sekolah. Kreatifitas pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biotik dan abiotik bagi siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidomukti Mayang dalam suasana belajar aktif, kreatif, dan menyenangkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kreatifitas guru dalam perencanaan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biotik dan abiotik bagi siswa-siswi kelas I Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum kecamatan mayang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020?, (2) Untuk mendeskripsikan kreatifitas guru dalam pelaksanaan pemanfaatan lingkungan sekolah sekitar sebagai sumber belajar biotik dan abiotik bagi siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum kecamatan mayang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020?, dan (3) Untuk mendeskripsikan kreatifitas guru dalam evaluasi pemanfaatan lingkungan Sekolah sekitar sebagai sumber belajar biotik dan abiotik bagi siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum kecamatan mayang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif dengan lokasi penelitian di MI Darul Ulum Sidomukti Mayang, sedangkan teknik pengupulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan wawancara, teknik analisis data, pengumpulan data dan sekaligus kondensasi data (condentation), penyajian data (data display), dokumentasi(documentation) dan penarikan kesimpulan (verivication) Berdasarkan observasi dan wawancara hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada tahap perencanaan langkah yang dilakukan: a. Guru menyusun jadwal materi selama satu tahun, b. Guru menyusun RPP selama satu semester, c. Guru menetukan target pembelajaran tematik 2, d. Guru menentukan media pembelajaran, e. Guru menentukan praktikum dan penilaian, (2) Pada tahap pelaksanaan langkah yang dilakukan: a. Guru memberi salam dan dilanjutkan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id viii dengan membaca doa bersama, b.guru mengabsen kehadiran siswa, c. guru menerangkan materi, d. Memberikan gambaran tentang manfaat menyayangi tumbuhan yang bagi kehidupan sehari-hari, e. Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya menyayangi tumbuhan dan cara merawatnya, f. Guru mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok, g. Dengan pengawasan guru siswa mengamati tanaman bunga dengan menggambar serta mendiskripsikan bentuk pohon dan daun, i. Guru mengajak siswa bernyanyi “Lihat kebunku”, j. Guru memberikan permainan (kalimat berantai) dengan menyebut nama-nama bunga, dan pada akhir pembelajaran, guru melaksanakan : a. Menerima hasil kegiatan pengamatan siswa yang beragam, b. Guru mengevaluasi serta memberi penilaian, c. Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a bersama, dan (3) Evaluasi kreatifitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biotik dan abiotik bagi siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Mayang Jember meliputi: a) Evaluasi formatif dan b) Evaluasi sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:58
Last Modified: 20 Apr 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5628

Actions (login required)

View Item View Item