untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V MI Bustanul

Khoirinatush Shiyami, - (2020) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V MI Bustanul. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iah.

[img] Text
Khoirinatush Shiyami_T20164078.pdf

Download (53MB)

Abstract

Khoirinatush Shiyami, 2020: untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V MI Bustanul Pengembangan media permainan roda putar ini dilatar belakangi karena belum adanya pengembangan media yang diterapkan pada mata pelajaran matematika serta kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika di MI Bustanul Ulum 09 Jember, sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran guna menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa ketika belajar matematika khususnya materi sifat-sifat dan volume bangun ruang. Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana validitas, minat, dan hasil belajar matematika siswa kelas V terhadap media permainan roda putar di MI Bustanul Ulum 09 Jember. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media, dan peningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V MI Bustanul Ulum 09 Jember. Dalam pengembangan ini, pengembang menggunakan model pengembangan Borg and Gall, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba ahli, (7) revisi produk uji ahli, dan (8) uji coba pelaksanaan. Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk pembelajaran berupa media permainan roda putar. Produk pengembangan ini diuji cobakan melalui beberapa tahap secara berurutan yakni (1) uji coba ahli terdiri dari (a) uji coba ahli materi, (b) uji coba ahli media, dan (c) uji coba guru matematika, (2) uji coba lapangan awal, dan (3) uji coba pelaksanaan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) hasil uji coba media roda putar oleh ahli materi memperoleh persentase 96%, hasil uji coba ahli media memperoleh persentase 95%, dan hasil uji coba guru matematika memperoleh persentase 97,33%, Sehingga media roda putar ini pada pelajaran matematika dinyatakan sangat valid untuk digunakan. (2) Hasil peningkatan minat belajar siswa dilakukan saat uji coba lapangan awal dan uji coba pelaksanaan. Uji coba lapangan awal dilakukan dengan 6 peserta didik memperoleh persentase 83,33%, sedangkan uji coba pelaksanaan dengan 20 peserta didik memperoleh persentase 90,82%. Sehingga belajar menggunakan media roda putar sangat menyenangkan, dan dapat menarik minat belajar siswa, serta membuat siswa lebih aktif dikelas. (3) Sedangkan hasil belajar siswa yang dianalisis melalui rumus uji t-test menunjukkan thitung sebesar 11,419 dan ttabel sebesar 2, 093. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti thitung lebih besar dari ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian pengembangan media roda putar pada pelajaran matematika materi bangun ruang untuk siswa kelas V MI Bustanul Ulum 09 Jember mempunyai kualitas baik. Hal ini dikarenakan media roda putar ini dapat memberikan perbedaan hasil belajar siswa menjadi lebih baik antara sebelum menggunakan media roda putar dan sesudah menggunakan media roda putar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:06
Last Modified: 20 Apr 2022 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5636

Actions (login required)

View Item View Item