Penerapan permainan pasar-pasaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 16 Kecamatan Puger Kabupaten Jember

SEVIRIRA YUNIAR FIRDAUS, - (2020) Penerapan permainan pasar-pasaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 16 Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

[img] Text
SEVIRIRA YUNIAR FIRDAUS_T20165053.pdf

Download (4MB)

Abstract

Savirira Y.F, 2020. Penerapan permainan pasar-pasaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 pada kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 16 Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Perkembangan kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang di RA Perwanida 16 Puger adalah kemampuan kognitif. Ketika anak anak mengenal angka 1-10, menyebutkan angka 1-10 dan mengurutkan angka dari terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya anak didik kelompok B di RA Perwanida 16 Puger belum begitu faham dan bingung untuk menyebutkan angka 1-10, Maka dengan alasan itu guru melaksanakan pembelajaran melalui permainan pasar-pasaran mengenal angka 1-10 untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (1)Bagaimana perencanaan penerapan permainan pasar-pasaran bentuk geometri untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok B RA Perwanida 16 Puger kabupaten Jember?. (2)Bagaimana pelaksanaan penerapan permainan pasarpasaran bentuk geometri untuk meningkatkan kemampuan kognitif ?(3). Bagaimana evaluasi penerapan permainan pasar-pasaran bentuk geometri untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok B RA Perwanida 16 Puger kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1)Mendeskripsikan perencanaan penerapan permainan pasar-pasaran bentuk geometri untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok B RA Perwanida 16 Puger kabupaten Jember. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan penerapan permainan pasar-pasaran bentuk geometri untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada keompok B RA Perwanida 16 Puger kabupaten Jember. (3) Mendeskripsikan evaluasi penerapan permainan pasar-pasaran bentuk geometri untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok B RA Perwanida 16 Puger kabupaten Jember. Identifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan lokasi penelitian ini di RA Perwanida 16 Puger Kabupaten Jember, penentuan informan manggunakan purposive. Teknik Pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan Condentation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Perencanaan penerapan pasar-pasaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa RA Perwanida 16 guru melakukan terlebih dahulu yang meliputi guru melakukan perencanaan media dan guru melakukan penyajian media serta alat.(2) pelaksanaan penerapan pasar-pasaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa RA Perwanida 16 di antaranya menumbuhkan kemampuan kognitif yang meliputi ketercapaian nilai tanggung jawab, kedisiplinan, ketekunan, kejujuran, mengenal bentuk geometri, mengenal angka 1-10 dan kepedulian siswa (3)Evaluasi penerapan permmainan pasar-pasaran bentuk geometri untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa di RA. Perwanida 16 guru melakukan evaluasi kegiatan pasar-pasaran yaitu dengan teknik yang digunakan adalah non tes. Teknik non tes dilakukan dengan memberikan penilaian terhadap kecakapan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:09
Last Modified: 20 Apr 2022 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5640

Actions (login required)

View Item View Item