Afifah Zahro’, - (2021) Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Afifah Zahro’_T20161107.pdf Download (5MB) |
Abstract
Afifah Zahro’, 2021: Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari. Kata kunci: konsep pendidikan, karakter. K.H. Hasyim Asy’ari K.H. Hasyim Asy’ari adalah seorang pejuang kemerdekaan yang berkontribusi di dunia pendidikan, termasuk pendidikan karakter. Pendidikan ini adalah usaha pembentukan akhlak terpuji seseorang dalam berhubungan dengan Allah SWT., peduli sosial terhadap manusia, dan semangat kebangsaannya. Konsep K.H. Hasyim Asy’ari dapat menjadi rujukan pembentukan karakter yang juga menjadi tujuan pendidikan nasional, Fokus kajian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep pendidikan karakter religius dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari? 2) Bagaimana konsep pendidikan karakter peduli sosial dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari? 3) Bagaimana konsep pendidikan karakter semangat kebangsaan dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari? Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Konsep pendidikan karakter religius dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari. 2) Konsep pendidikan karakter peduli sosial dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari. 3) Konsep pendidikan karakter semangat kebangsaan dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari Metode penelitian ini adalah studi tokoh. Proses pengumpulan datanya dengan tahap orientasi, eksplorasi, dan penelitian terfokus. Sumber data primer seperti kitab, pidato, dan fatwa K.H. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan karakter. Sumber data sekunder seperti buku-buku, ensiklopedia, karya tulis ilmiah, dan website yang relevan. Analisis datanya menggunakan analisis isi yang langkahlangkahnya adalah mencatat data dan menginterpretasikannya. Uji keabsahan datanya dengan kredibilitas data, yaitu meningkatkan ketekunan dan kecukupan referensial. Hasil penelitian ini adalah: 1) Konsep pendidikan karakter religius dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari: a) Seseorang harus memiliki iman dan takwa dalam dirinya. b) Mengikuti jalan ahlussunnah wal jama’ah. c) Peserta didik harus membersihkan hati dari akhlak tercela dan mengindahkan dengan akhlak terpuji d) Pendidik harus membersihkan hati dari akhlak tercela dan mengamalkan ilmu untuk keridhaan Allah SWT. e) Seorang pengikut jalan sufi harus bertakwa dan berniat memperbaiki diri. f) Seseorang harus menjaga persaudaraan dengan silaturahim dan toleransi. 2) Konsep pendidikan karakter peduli sosial dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari: a) Pendidik harus menyayangi dan bertanggung jawab atas peserta didik seperti anaknya sendiri c) Peserta didik harus patuh dan bertata-krama terhadap pendidik. 3) Konsep pendidikan karakter semangat kebangsaan dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari: a) Warga negara perlu bersatu memperjuangkan cita-cita NKRI. b) Warga negara, khususnya muslim harus siap berjihad mempertahankan kemerdekaan NKRI. c) Seorang warga negara harus mengutamakan kepentingan negara dalam menghadapi tantangan yang ada
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 01:56 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 01:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5644 |
Actions (login required)
View Item |