Problematika Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple Intelligences Pada Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curahnongko Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

SHOLEKAH, - (2021) Problematika Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple Intelligences Pada Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curahnongko Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
SHOLEKAH_T20164084.pdf

Download (7MB)

Abstract

Sholekah, 2020: Problematika Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple Intelligences Pada Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curahnongko Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendidikan merupakan kunci utama terpenting dalam pintu gerbang pendidikan di Indonesia dalam membangun bangsa dan karakter, oleh karena itu pentingnya pendidik untuk memahami psikologi peserta didik dalam proses pembelajarannya. Di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur rohman sudah menggunakan kurikulum K13 berbasis tematik dimana dikelas V guru menggunakan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences. Berdasarkan teori multiple intelegences pendidik dapat menumbuh kembangkan potensi siswa secara menyeluruh. Bukan hanya beberapa kecerdasan saja melainkan seluruh potensi kecerdasan dari masing-masing siswa, akan tetapi pada kenyataanya masih ada kendala-kendala yang muncul ketika penerapan ini digunakan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curahnongko Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana Problematika pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik berbasis Multiple Intelligences. 2) Mendeskripsikan Problematika pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) dalam penerapan pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences yaitu guru mengetahui karakter dan bakat yang dimiliki oleh setiap siswa, guru juga menggunakan media cetak yang berisi tentang iklan sistem gangguan organ pencernaan yang berisi tentang iklan sistem gangguan organ pencernaan, kemudian siswa mengemukakan hasil kerjanya melalui gambaran, peta konsep, presentasi, tulisan dan lain sebagainya. Dalam pembelajaran ini menggunakan kecerdasan multiple Intellegences yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah kecerdasan linguistik, kecerdasan spasial visual, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan kinestetik. Pengembangan multiple intelligences melalui ekstrakurikuler melukis, drumb band, berpidato, tilawah dan lain-lain. 2) Problematika pembelajaran tematik berbasis multiple intelegences yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal antara lain kurangnya pengetahuan guru dalam pembelajaran berbasis multiple intelligences dan kurangnya motivasi serta kosentrasi siswa dalam belajar, faktor eksternal yaitu menganggu kelas lain karena suasana kelas kurang kondusif, sarana dan prasarana kurang mewadai dan kurangnya waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:53
Last Modified: 21 Apr 2022 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5666

Actions (login required)

View Item View Item