“Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Siswa Di SMAN 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021”

ERNITA SETYORINI, - (2021) “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Siswa Di SMAN 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ERNITA SETYORINI_T20171019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ernita Setyorini, 2021 : “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Siswa Di SMAN 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021” Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Internalisasi, Nilai-Nilai Agama Islam Pada dasarnya pendidikan Islam memiliki tujuan yaitu siswa dapat mengamalkan nilai-nilai agama Islam agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa. Namun kenyataannya, pada dunia pendidikan saat ini yang mendapat sorotan yaitu karakter siswa yang tercermin dari perilaku. Dimana perilaku yang dilakukan siswa seperti kehilangan nilai–nilai yang ada di agama Islam. Hal ini menjadi bukti bahwa nilai-nilai agama kurang diterapkan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi guru untuk menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam disekolah. Sehingga tujuan dari pendidikan Islam dapat tercapai secara maksimal dan siswa dapat melaksanakan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam pada siswa di SMAN 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021? 2)Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam pada siswa di SMAN 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam pada siswa dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama di SMAN 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam pada siswa di SMAN 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data untuk penelitian ini peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teori Miles dan Huberman dan Saldana, yaitu dengan kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1)Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam pada siswa yakni menggunakan strategi pembiasaan, keteladanan, penyadaran dan pengawasan. Adapun nilai-nilai agama Islam yang diinternalisasikan pada siswa yaitu akidah, akhlak dan syariah. 2)Faktor pendukung dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam adalah fasilitas masjid yang tersedia, media yang disediakan sekolah, dan adanya media online saat pandemic. Adapun faktor penghambatnya dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam adalah kurangnya semangat siswa, lingkungan pergaulan yang kurang baik, dan belum bisa tatap muka secara langsung saat pandemic.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:37
Last Modified: 21 Apr 2022 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5668

Actions (login required)

View Item View Item