Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna Aplikasi Transaksi Berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Ifadatul Jannah, - (2021) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna Aplikasi Transaksi Berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Undergraduate thesis, Fakultas Syari’ah Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah).

[img] Text
IFADATUL JANNAH_S20172110.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ifadatul Jannah, 2021: Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna Aplikasi Transaksi Berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Transaksi QRIS, Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999. QRIS merupakan transaksi digital yang dapat merugikan jika pengguna tidak tercapainya hak-hak konsumen karena keterbatasan kemampuan masyarakat yang tidak terlalu memahami hal dasar dari penerapan transaksi QRIS yang mempunyai kelemahan dalam sistem tekhnis penggunaan dan ketidakpastian perlindungan hukum bagi konsumen pengguna QRIS serta mudah terjadi peningkatan ancaman siber dan shadow banking yang dapat mengurangi efektivitas pengendalian moneter serta kelancaran sistem pembayaran. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana mekanisme penggunaaan transaksi menggunakan aplikasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)? 2) Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen mengenai ancaman keamanan di balik kemudahan bertransaksi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dalam Perspektif Undangundang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen? Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui mekanisme penggunanaan transaksi menggunakan aplikasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). 2) Untuk mengetahui perlindungan hukum bagi konsumen mengenai ancaman keamanan di balik kemudahan transaksi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dalam Perspektif Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut penelitian ini menggunakan Metode penelitian yang bersifat kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif, yaitu dengan memahami alur peristiwa bertransaksi dengan menggunakan aplikasi yang berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang dilakukan di era modern oleh seluruh masyarakat Indonesia serta perlindungan hukum bagi pengguna transaksi tersebut. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu mekanisme penggunanaan transaksi menggunakan aplikasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) serta perlindungan hukum bagi konsumen mengenai keamanan di balik kemudahan transaksi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dalam Perspektif Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:37
Last Modified: 21 Apr 2022 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5669

Actions (login required)

View Item View Item