Pembelajaran Les Fiqih Ibadah Menggunakan Kitab Mabadiul Fiqhiyyah di MTs Darun Najah Banyuwangi

ISTAQUL KAHFI, - (2021) Pembelajaran Les Fiqih Ibadah Menggunakan Kitab Mabadiul Fiqhiyyah di MTs Darun Najah Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
istaqul kahfi_T20171067.pdf

Download (4MB)

Abstract

Istaqul Kahfi, 2021: Pembelajaran Les Fiqih Ibadah Menggunakan Kitab Mabadiul Fiqhiyyah di MTs Darun Najah Banyuwangi. Pembelajaran les fiqih ibadah menggunakan kitab Mabadiul Fiqhiyyah adalah pembelajaran tambahan yang diberikan oleh pihak MTs Darun Najah Banyuwangi kepada para siswa untuk menambah wawasan tentang ilmu keagamaan mereka dikarenakan latar belakang pengetahuan keagamaan siswa yang berbeda-beda yang dilaksanakan di luar jam sekolah. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaiamana pembelajaran les fiqih ibadah menggunakan Kitab Mabadiul Fiqhiyyah di MTs Darun Najah Banyuwangi? (2) Apa saja kendala dalam pembelajaran les fiqih ibadah menggunakan Kitab Mabadiul Fiqhiyyah di MTs Darun Najah Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pembelajaran les fiqih ibadah menggunakan Kitab Mabadiul Fiqhiyyah di MTs Darun Najah Banyuwangi. (2) Menjelaskan kendala dalam pembelajaran les fiqih ibadah menggunakan Kitab Mabadiul Fiqhiyyah di MTs Darun Najah Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field reseach, sedangkan metode pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif miles huberman melalui langkah-langkah: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data yang di gunakan adalah triangulasi sumber dan teknik Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan; (l) Pembelajaran les fiqih ibadah menggunakan Kitab Mabadiul Fiqhiyyah di MTs Darun Najah Banyuwangi mempunyai dua tahap yaitu tahap pra pelaksanaan dan pelaksanaan. Dalam tahap pra pelaksanaan terdapat kegiatan guru dalam menyiapkan materi ajar dengan sumber belajar Kitab Mabadiul Fiqhiyyah dimana persiapan hanya membaca dan memahami materi yang akan diajarkan kepada para siswa dan dalam tahap pelaksanaan terdapat tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan yaitu kegiatan yang dilalukan sebagai pembuka dalam pembelajaran, kegiatan inti yaitu pelaksanaan metode pembelajaran yang digunakan dan penggunaan media pembelajaran dan penutup yang didalamnya terdapat kegiatan penilaian megenai pembelajaran yang telah dilaksanakan. (2) Kendala yang terdapat dalam pembelajaran les fiqih ibadah menggunakan Kitab Mabadiul Fiqhiyyah adalah dari faktor murid yaitu kurangnya fokus dan perhatian dalam pembelajaran, faktor media yang belum cukup dalam membantu untuk menjelaskan mengenai praktek fiqih ibadah, dan faktor evaluasi yang kurang memadaiuntuk mengetahui seberapa jauh tujuan yang telah dicapai dalam memahamkan siswa mengenai praktek fiqih ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:37
Last Modified: 21 Apr 2022 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5670

Actions (login required)

View Item View Item