Jaka Robby Pangestu, - (2021) “Metode Pembelajaran Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Teknologi Pertanian Sumbercanting Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Jaka Robby Pangestu_084131428.pdf Download (7MB) |
Abstract
Jaka Roby Pangestu, 2020: “Metode Pembelajaran Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Teknologi Pertanian Sumbercanting Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari”. Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik. Untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif, maka seorang guru harus menggunakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didiknya. Salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dikelas yaitu metode pembelajaran sosiodrama an melibatkan peserta didik. Maka dari itu pendidik harus mampu memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, sehingga peserta didik dapat termotivasi semangat dalam belajar dan menjadikan peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mensinergikan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan mengoptimalakan kinerja kinestetik adalah dengan metode sosiodrama. metode sosiodrama mampu menggugah semangat dan antusias siswa dalam belajar baik teori maupun praktek. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode pembelajaran sosiodrama untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Teknologi Pertanian Sumbercanting Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari?; 2) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran sosiodrama untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Teknologi Pertanian Sumbercanting Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari?; Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan metode pembelajaran sosiodrama untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Teknologi Pertanian Sumbercanting Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari; Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SMK Teknologi Pertanian ini meliputi silabus dari pusat dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai penjabaran dari silabus dengan menggunakan pendekatan saintifik, yang dibuat pada awal tahun pelajaran baru. 2) Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan inti terdapat tahap-tahap penerapan metode pembelajaran sosiodrama dengan menggunakan pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 02:38 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 02:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5673 |
Actions (login required)
View Item |