Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik kelas VII SMP/MTs

FIKY AHMAD KANZUL FIKRI PRATAMA, - (2021) Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

[img] Text
FIKY AHMAD KANZUL FIKRI PRATAMA_T201710094.pdf

Download (7MB)

Abstract

Fiky Ahmad Kanzul Fikri Pratama, 2021: Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik kelas VII SMP/MTs. Kata kunci: Media Video Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Pencemaran Lingkungan Pencemaran Lingkungan merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam pembelajaran IPA pada peserta didik kelas VII SMP/MTs. Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah peneliti lakukan di kelas VII SMPN 1 Jenggawah, pada materi Pencemaran Lingkungan belum tersedia media pembelajaran yang menarik juga menimbulkan motivasi dalam diri peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Sejalan dengan hal tersebut, peneliti tertarik mengembangkan media audio-visual (video) dengan menerapkan pendekatan saintifik agar peserta didik mendapat media pembelajaran yang menarik juga menimbulkan motivasi dalam diri peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung khususnya pada materi Pencemaran Lingkungan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Validitas Media Video Pembelajaran berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA pada materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs? 2) Bagaimana Respons peserta didik terhadap media Video pembelajaran berbasis Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran IPA pada materi Pencemaran Lingkungan bagi peserta didik kelas VII SMP/MTs? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Validitas Media Video pembelajaran berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA pada materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. 2) Untuk mendeskripsikan Respons peserta didik terhadap media Video pembelajaran berbasis Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran IPA pada materi Pencemaran Lingkungan bagi peserta didik kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4-D Define (tahap pendefinisian), Design (tahap perancangan), Develop (tahap pengembangan), dan Disseminate (tahap penyebaran), karena keterbatasan waktu penelitian ini hanya pada tahap pengembangan. Jenis data dalam penelitian pengembangan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini memperoleh produk berupa media video pembelajaran dengan hasil presentase validasi produk yang dilakukan oleh validator ahli materi, validator media dan pendidik. Hasil validasi dari ahli materi sebesar 90%, hasil validasi dari ahli media sebesar 92% dan hasil validasi oleh pendidik sebesar 90% dengan kategori sangat valid pada setiap presentase oleh validator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:17
Last Modified: 21 Apr 2022 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5695

Actions (login required)

View Item View Item