IZZATUN NAFSIYAH, - (2020) “Implementasi Metode Make A Match Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Masa Pandemi Di MI Nurul Islam Klanting Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Dosen Pembimbing Ahmad Winarno,M. Pd. I. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
IZZATUN NAFSIYAH_T20174057.pdf Download (6MB) |
Abstract
Izzatun Nafsiyah T20174057: “Implementasi Metode Make A Match Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Masa Pandemi Di MI Nurul Islam Klanting Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Dosen Pembimbing Ahmad Winarno,M. Pd. I. Pembelajaran daring bagi sebagian guru menjadi tantangan yang berat. Pasalnya mereka masih banyak kendala seperi jaringan yang masih kurang memadai atau masih bingung dengan memanfaatkan media, metode, atau strategi yang cocok dengan keadaan saat ini. Namun tak semuanya masih kebingungan dengan hal itu. ada sebagian pendidik yang bisa memanfaat pembelajaran daring dengan kreatif dan efisien. Sehingga pembelajaran di masa pendemi ini bisa terealisasikan dengan baik. Berdasarkan fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Implementasi Metode Make A Match Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Masa Pandemi Di MI Nurul Islam Klanting Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021?. Tujuan dari penelitian ini adalah, Untuk Mendeskripsikan Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Implementasi Metode Make A Match Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Masa Pandemi Di MI Nurul Islam Klanting Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan fenomenologi. Teknik penentuan subyek penelitian ini adalah purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, pengembunan data, sajian data, simpulan data. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, 1) Perencanaan metode make a match ialah mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pendidik memberikan motivasi kepada peserta didik, meyiapkan media pembelajaran, mempersiapkan materi dan juga kartu-kartu kata dan kartu petunjuk. 2) Pelaksanaan metode make a match ialah pendidik memberikan contoh terlebih dahulu kemudian membagikannya di grup whatsapp, setelah itu peserta didik mempraktekkan ulang disertai dengan merekamnya kemudian mengirimkannya kepada pendidik. 3) Evalusi metode make a match ialah setaip akhir pecan atau hari sabtu, peserta didik datang ke rumah pendidik dengan membawa tugas-tugasnya. Mencocokkan kata serta membaca ulang buku bacaan. Kemudian bersama-sama mempratekkan kembali kegiatan make a match seperti pada saat pembelajaran daring. Kata Kunci: metode, make a match, kemampuan membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 07:17 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 07:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5696 |
Actions (login required)
View Item |