Pembiasaan Sholat Dhuha Berjama’ah Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa di MTs Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Yesi Eri Santi, - (2021) Pembiasaan Sholat Dhuha Berjama’ah Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa di MTs Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Yesi Eri Santi_T20161155.pdf

Download (16MB)

Abstract

Yesi Eri Santi, 2020: Pembiasaan Sholat Dhuha Berjama’ah Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa di MTs Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci:sholat dhuha berjama’ah, penanaman nilai-nilai karakter Penanaman nilai-nilai karakter siswa adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengarahkan, mengendalikan dan menentukan perilaku seorang pelajar ke arah yang lebih baik. Penanaman nilai karakter merupakan salah satu cara atau solusi terbaik untuk menumbuhkan karakter dan memperbaiki moral siswa. Di dalam Agama Islam, penanaman nilai karakter sudah diterapkan sejak usia dini, salah satunya yaitu sholat dhuha. Penanaman nilai karakter melalui program sholat dhuha berjama‟ah ini merupakan penanaman nilai karakter untuk mengatasi kemerosotan moral dan karakter secara pola pikir dan perilaku siswa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembiasaan sholat dhuha berjama‟ah dalam penanaman nilai karakter religius siswa di MTs Negeri 5 Jember?. 2) Bagaimana pembiasaan sholat dhuha berjama‟ah dalam penanaman nilai karakter disiplin siswa di MTs Negeri 5 Jember?. 3) Bagaimana pembiasaan sholat dhuha berjama‟ah dalam penanaman nilai karakter bersahabat/komunikatif siswa di MTs Negeri 5 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pembiasaan sholat dhuha berjama‟ah dalam penanaman nilai karakter religius siswa di MTs Negeri 5 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pembiasaan sholat dhuha berjama‟ah dalam penanaman nilai karakter disiplin siswa di MTs Negeri 5 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan pembiasaan sholat dhuha berjama‟ah dalam penanaman nilai karakter bersahabat/komunikatif siswa di MTs Negeri 5 Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penentuan penelitian menggunakan tekhnik Purposive. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan terdiri dari kondensasi data, penyajian data, verivikasi dan penarikan kesimpulan serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Pembiasaan sholat dhuha berjama‟ah dalam penanaman nilai karakter religius siswa dilakukan melalui kegiatan pembacaan Asmaul Husna secara bersama-sama sebelum pelaksanaan sholat dhuha berjama‟ah dimulai, dilanjutkan dengan melaksanakan sholat dhuha berjama‟ah, kemudian dilanjutkan dengan dzikir bersama dan ditutup dengan do‟a bersama. (2) Pembiasaan sholat dhuha berjama‟ah dalam penanaman nilai karakter disiplin siswa dilakukan melalui pendisiplinan anak bahwa setiap anak sudah dalam keadaan berwudhu dari rumah sehingga ketika sampai disekolah bisa langsung menuju musholla untuk mengikuti kegiatan sholat dhuha berjama‟ah dengan begitu bisa lebih mengefisiensi waktu, melalui penerapan absensi sholat tepat waktu pada pukul 06.15 menit, membentuk shaf solat secara rapi dan tidak berbicara sendiri dan pemberian hukuman pada siswa yang tidak mengikuti kegiatan sholat dhuha berjama‟ah. (3) Pembiasaan sholat dhuha berjama‟ah dalam penanaman nilai karakter bersahabat/komunikatif dilakukan melalui pelaksanaan sholat dhuha yang dilakukan secara berjama‟ah, melalui pembentukan kelompok mengaji bersama setelah rangkaian pelaksanaan sholat dhuha selesai serta dapat menjaga etika dalam berkomunikasi yang mengandung nilai kebersamaan dan ukhuwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:17
Last Modified: 21 Apr 2022 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5697

Actions (login required)

View Item View Item